Merries For Moms

Tips Turunkan Berat Badan Si Kecil Tanpa Ganggu Tumbuh Kembangnya

0 1
Tips Turunkan Berat Badan Si Kecil Tanpa Ganggu Tumbuh Kembangnya

Masih ada segelintir orangtua yang mengukur kesehatan anak dari berat badan mereka. Padahal, si Kecil yang memiliki bobot tubuh berlebih atau obesitas perlu diawasi, Moms. Kegemukan bisa menjadi indikasi utama penyakit kronis seperti diabetes hingga serangan jantung. Salah satu bentuk antisipasi yang dapat Moms lakukan adalah menurunkan berat badan si Kecil. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Moms terapkan bersama si Kecil di rumah tanpa mengganggu pertumbuhannya.

Memeriksa Kondisi Kesehatannya

Hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah memeriksakan kondisi kesehatan si Kecil. Dalam hal ini, si Kecil perlu bertemu dokter untuk mengetahui keadaan tubuhnya. Jika ada masalah medis, maka Moms mau tak mau harus meminta perawatan yang sesuai dengan penyakit yang si Kecil derita. Sebaliknya, kalau aman, Moms dapat memulai program penurunan berat badan bersama si Kecil.

Menjaga Berat Badan Si Kecil

Sebelum mengurangi bobot tubuh si Kecil, usahakan dahulu mempertahankan berat badannya agar tidak semakin bertambah. Lakukan langkah ini selama beberapa waktu sampai badannya tidak menunjukkan penambahan bobot. Jika sudah stabil, maka Moms dapat merancang program penurunan bobot badan yang sesuai dengan kondisi kesehatan si Kecil.

Mengawasi Menu Makan si Kecil

Seperti program diet orang dewasa, asupan makanan yang hendak dikonsumsi si Kecil pun perlu Moms pantau. Buatlah daftar makanan sehat yang dapat menunjang penurunan berat badan si Kecil. Misalnya dengan mengurangi makanan tinggi kalori, junk food, hingga minuman yang memiliki kadar gula berlebih. Ganti makanan-makanan tersebut dengan buah dan sayur.

Memperbanyak Kegiatan Fisik

Malas bergerak dapat menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan si Kecil. Maka dari itu, penting bagi Moms untuk mengajaknya olahraga atau melakukan aktivitas fisik. Jika si Kecil senang main sepak bola, atur jadwal untuk bermain bersamanya di luar. Jangan terlalu sering memanjakan si Kecil dengan gadget atau televisi yang membuatnya malas bergerak.

Senantiasa Memberi Dukungan

Bukan hanya lewat fisik, dukungan secara emosional pun dibutuhkan si Kecil untuk menurunkan berat badannya. Tunjukkan kasih sayang Moms dan Dads sebagai orangtua dan selalu dengarkan keluhan yang dia utarakan. Jangan lupa untuk memberikan solusi tepat supaya si Kecil semakin termotivasi untuk melanjutkan dietnya.

Semoga si Kecil sanggup menjalani program dietnya, Moms!

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.