Merries For Moms

Tips Mengenali Gejala Autisme Sejak Usia Dini

0 440
Tips Mengenali Gejala Autisme Sejak Usia Dini

Autisme adalah kondisi mental yang membuat Si Kecil sulit atau mengalami gangguan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sebenarnya, gangguan ini dapat diatasi bila Moms dapat mendeteksinya sejak dini. Dengan memberikan terapi dan perawatan sedini mungkin, peluang sembuh Si Kecil dari autisme dapat menjadi lebih besar.

Untuk mendetaksi gejala autisme sejak dini, Moms dapat melihat beberapa hal berikut ini. Beberapa tanda berikut adalah gejala umum yang ditunjukkan saat Si Kecil mengalami autisme. Yang perlu diingat, setiap individu mempunyai gejala yang berbeda. Tapi, dengan gejala umum ini, Moms sudah bisa mengetahui adanya autisme pada diri Si Kecil atau tidak.

Ekspresi

Si Kecil akan sulit membuat ekspresi sesuai dengan perasaannya. Misalnya, saat Si Kecil berusia 6 bulan hingga 9 bulan, Si Kecil sudah bisa menunjukkan ekspresi gembira atau tersenyum. Bila hingga usia ini Si Kecil tidak mampu menunjukkan ekspresi tersebut, atau ekspresi lain, bahkan suara, ada kemungkinan bila Si Kecil mengalami autisme.

Kemampuan Berbicara

Bila Si Kecil terlambat untuk mampu berbicara lancar, maka bisa dikatakan hal tersebut adalah salah satu tanda autisme. Memang, terlambat untuk dapat berbicara bukanlah tanda kuat adanya autisme. Tetapi, pada umumnya, Si Kecil sudah mampu mengeluarkan kata-kata saat berusia 12 bulan. Jika hingga usia ini, Si Kecil tidak mampu melakukannya, Moms harus waspada.

Respon Gerakan

Mulai usia 12 bulan, fungsi motorik Si Kecil seharusnya berkembang dengan pesat. Karena itu, Si Kecil akan aktif bergerak dan mengekspresikan apa yang dia pikirkan dengan gerakannya. Misalnya, Si Kecil dapat menunjuk sesuatu, melambaikan tangan dan sebagainya. Bila Moms tidak melihat hal ini dilakukan oleh Si Kecil, maka Moms perlu waspada. Bisa jadi ini merupakan gejala awal dari autisme.

Perilaku Sosial Si Kecil

Ingat, meski masih usia dini, kemampuan bersosialisasi Si Kecil akan mulai terbentuk. Artinya, Si Kecil, dalam keadaan normal, akan mampu mengerti bila seseorang mengajaknya berbicara. Respon yang diberikan biasanya memandang wajah lawan bicara dan memperhatikan apa yang lawan bicara bicarakan. Bila Si Kecil menghindari kontak mata atau terlalu terpaku pada satu hal, maka ini juga dapat menjadi tanda adanya autisme.

Meskipun begitu, untuk memastikan, sebaiknya Moms membawa Si Kecil ke dokter, setelah menemukan salah satu atau semua gejala diatas. Dokter akan dapat membantu Moms untuk mendiagnosis lebih jauh kondisi Si Kecil. Dan, bila memang ditemukan autisme, maka bisa segera dilakukan perawatan.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.