Merries For Moms

Tips Agar Si Kecil Mau Makan Banyak dan Sehat

0 10
Tips Agar Si Kecil Mau Makan Banyak dan Sehat

Pola makan si kecil biasanya kurang teratur dan cenderung naik turun. Tak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan anak – anak cenderung susah makan. Bila tak ingin si kecil semakin tak bernafsu untuk makan, jangan membiasakan anak – anak makan sembarangan dengan jadwal tak teratur. Moms juga harus menyediakan makanan sehat dan mengurangi cemilan agar si kecil mau makan. Dan, inilah beberapa tips membuat si kecil makan banyak makanan sehat.

Makan Bersama – Sama

Sebagai orangtua bijak, sebaiknya Moms membuat jadwal makan bersama si kecil. Dengan cara ini, diharapkan si kecil menjadi terbiasa untuk makan dengan jadwal teratur. Si kecil juga menjadi lebih tertarik untuk makan makanan sehat yang disediakan. Bila si kecil masih susah makan, sebaiknya Moms tetap memintanya berada di ruang makan hingga acara makan bersama selesai. Biasakan makan bersama pagi dan sore atau malam hari.

Sajikan Makanan dalam Porsi Kecil

Pada dasarnya kekuatan makan si anak berbeda dengan dewasa. Si kecil cenderung makan makanan dalam porsi kecil hingga sedang saja. Hindari menyediakan porsi makanan besar bagi anak. Terlebih lagi bila si kecil ada kecenderungan malas dan susah makan. Makanan dalam porsi besar akan membuat si kecil takut dan enggan untuk menghabiskan makanannya. Jadi, usahakan menyajikan makanan sesuai dengan porsi makan anak – anak.

Menyajikan Menu Sehat dan Bervariasi

Menu makanan merupakan daya tarik si kecil untuk mau makan. Ada baiknya Moms bereksperimen dengan menu makan. Sajikan menu makan sehat dan bervariasi bagi anak – anak untuk membantunya memenuhi asupan nutrisi dan gizi. Tubuh anak – anak pastinya memerlukan lebih banyak vitamin dan nutrisi untuk tumbuh kembanya. Perhatikan menu makanan yang disajikan apakah sudah memenuhi standar nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Aturlah dan pilihah menu makanan sehat sevariatif mungkin. Yang terpenting adalah hindari pemberian cemilan bagi si kecil saat waktunya makan. Hal ini akan membuat si kecil memilih menyantap camilan ketimbang makanan yang disajikan.

Memberikan Makanan Yang Kurang Disukai Si Kecil

Jangan berprasangka buruk dulu ya Moms. Maksud cara ini sangatlah baik agar si kecil tidak terlalu memilih makanan. Bisa dipastikan kebanyakan anak kecil tidak suka buah – buahan dan sayuran. Moms harus menyiasatinya dengan menyelipkan makanan yang kurang disukai oleh si kecil. Misalnya si kecil kurang suka wortel, maka Moms bisa membuatkan jus berbahan wortel dan buah – buahan lainnya. Cara ini membuat si kecil tak kehilangan nutrisi dan gizi dari makanan yang kurang dia sukai.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.