Merries For Moms

Si Kecil Tak Suka Menggambar Seperti Teman Sebayanya, Haruskah Khawatir?

0 8
Si Kecil Tak Suka Menggambar Seperti Teman Sebayanya, Haruskah Khawatir?

Menggambar sepertinya menjadi kegemaran si kecil. Kegiatan ini mengasah kreativitas si kecil. Tetapi, ternyata tak semuanya mau diminta menggambar. Banyak anak kecil yang malu dan takut bila diminta menggambar. Apakah anak Moms termasuk kedalamnya? Tak perlu khawatir ya Moms  tentang hal ini. Ada beberapa alasan mengapa si kecil tak suka menggambar seperti teman sebayanya.

Menggambar Itu Bakat

Pernahkah Moms mendengar bahwa jiwa seni itu adalah bakat? Biasanya si kecil yang berjiwa seni seperti menggambar dan melukis adalah bakat bawaan dari orang tuanya. Menggambar adalah salah satu bentuk kreativitas seni sama halnya dengan kegiatan seni lainnya. Tak heran bila anak – anak yang berbakat saja yang sangat antusias dengan menggambar. Terkadang banyak anak kecil yang bingung bagaimana cara menggambar yang baik dan menerapkan ide gambar tepat dan indah diatas kertas. Selain sebagai sebuah bakat, terkadang menggambar adalah minat. Si kecil dengan minat lebih tentang dunia corat-coret akan lebih antusias untuk menggambar dan mewarnai. Hal ini berkaitan erat dengan kreativitas si kecil dalam dunia seni itu sendiri.

Apakah Si Kecil Tak Suka Menggambar Permasalahan Serius?

Banyak orang tua yang sangat khawatir karena si kecil tak suka menggambar. Karena hal ini, banyak orang tua yang mencoba berkonsultasi dengan ahli psikologis anak untuk mencari tahu penyebabnya. Menggambar memang merupakan kegiatan tepat untuk melatih perkembangan otak, kreativitas, dan motorik halus si kecil. Motorik halus itu memiliki kaitan erat dengan kemampuan menulis si kecil bila sudah beranjak sekolah. Bisa dikatakan bahwa menggambar bisa meningkatkan kecerdasan si kecil. Apakah Moms khawatir tentang hal ini?

Jangan terburu – buru terlalu khawatir bila si kecil tak suka menggambar. Mungkin si kecil punya kemampuan atau ketrampilan lainnya yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kecerdasannya dan melatih kreativitas dan motorik halusnya. Biasanya si kecil yang tak suka menggambar memiliki kecenderungan suka dengan ketrampilan lainnya seperti menari, menyanyi, dan melukis. Moms tak perlu memaksanya secara frontal agar si kecil gemar menggambar.

Lakukanlah cara – cara halus dan bijak pada si kecil. Bila sudah sampai pada waktunya, pasti si kecil akan mulai menyukai menggambar dengan sendirinya. Pastikan Moms membuat si kecil nyaman terhadap ketrampilan ini sehingga dia mau berlatih untuk menggambar tanpa adanya tekanan yang menakutkan. Setelah si kecil mulai tertarik, sediakan kertas, pensil, dan crayon disampingnya. Siapa tahu si kecil mau corat coret. Jadi, jangan terlalu khawatir berlebihan ya Moms.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.