Merries For Moms

Si Kecil Susah Disuruh Mandi? Gunakan Cara Jitu Ini Moms!

0 4
Si Kecil Susah Disuruh Mandi? Gunakan Cara Jitu Ini Moms!

Mungkin Moms setuju, kalau kita menyebut, menyuruh Si Kecil mandi adalah salah satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Pusing dan jengkel rasanya bila harus menghadapi Si Kecil yang terus bermain dan tidak mau mandi. Ini memang wajar, ya Moms. Si Kecil ada pada tahap dimana Si Kecil berusaha untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari lingkungan sekitarnya. Dan, ini yang membuat Si Kecil terus aktif.

Tapi, bukan berarti Moms harus menyerah akan hal ini. Ada beberapa jurus yang Moms lakukan agar Si Kecil lebih mudah untuk disuruh mandi.

Air Hangat

Si Kecil biasanya malas dan tidak mau mandi karena air yang dipakai terlalu dingin, sehingga tidak nyaman untuk Si Kecil. Ini mudah. Moms hanya perlu menggantinya dengan air hangat. Dengan menggantinya dengan air hangat, akan lebih mudah bagi Moms untuk membujuk Si Kecil untuk mandi.

Cara Yang Berbeda

Bila Moms biasa memandikan Si Kecil dengan bak mandi, coba kali ini memakai cara yang berbeda. Si Kecil tentu akan tertarik bila Moms mengajaknya mandi dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan mengajak Si Kecil bermain-main. Dengan bermain air, Si Kecil akan merasa senang dan lebih mudah untuk disuruh mandi. Atau, bila biasanya Moms memandikan Si Kecil dengan bak mandi, kali ini gunakan cara yang berbeda, misalnya dengan shower atau sejenisnya. Air yang memancar dari shower bisa menjadi hal yang menarik perhatian Si Kecil dan membuatnya tertarik untuk mandi.

Menasihati

Jangan pernah menakut-nakuti Si Kecil saat tidak mau disuruh mandi. Misalnya, “Kalau tidak mandi, nanti dibawa Mak Lampir, loh!”, akan lebih baik bila Moms menasehatinya dengan kata-kata yang bijak dan membuat Si Kecil tertarik. Misalnya, “Kalau mandi, badan bisa lebih sehat dan tidak sakit” atau semacamnya. Berikan juga contoh karakter atau tokoh favorit dia yang juga rajin mandi. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih tertarik saat disuruh mandi.

Penghargaan

Memberikan penghargaan seperti hadiah juga menjadi salah satu cara agar Si Kecil mudah untuk disuruh mandi. Misalnya, Si Kecil akan dibuatkan makanan favoritnya setelah Si Kecil mandi. Tapi, sebaiknya, Moms menggunakan cara penghargaan ini sebagai cara terakhir. Karena bila Si Kecil dibiasakan dengan penghargaan, Si Kecil hanya menganggap mandi adalah kegiatan yang sepele yang dilakukan untuk mendapat hadiah. Pastikan mandi menjadi hal yang memang dianggap Si Kecil sebagai kegiatan penting.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.