Merries For Moms

Si Kecil Mogok Makan? Pakai Trik Ini Moms!

0 170
Si Kecil Mogok Makan? Pakai Trik Ini Moms!

Sudah menjadi kewajiban bagi Moms untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi si Kecil demi menunjang pertumbuhannya. Namun, jangankan membuat si Kecil lahap makan, mengajaknya untuk menyantap menu sehat pun kadang sangat sulit. Ada saja halangan yang harus Moms hadapi, salah satunya adalah saat si Kecil mogok makan. Jika sudah begini, Moms pasti kewalahan, padahal kesehatan si Kecil amat dipengaruhi makanan yang dia konsumsi.

Namun, Moms tak perlu khawatir karena metode di bawah ini dapat membantu si Kecil berhenti mogok.

Sajikan dalam Porsi Kecil

Si Kecil mungkin enggan menyantap makanannya karena porsi yang diberikan terlalu besar. Selain itu, Moms juga harus ingat kalau ukuran lambungnya masih berkembang. Maka dari itu, porsi hidangannya pun harus disesuaikan. Berikan porsi yang lebih sedikit supaya si Kecil mau makan.

Menu Makanan yang Bervariasi

Memberikan makanan yang sama setiap harinya akan membuat si Kecil bosan dan mogok makan. Ada baiknya Moms membuat variasi dalam menu santapan si Kecil, lalu biarkan dia memilih hidangan yang ingin dia konsumsi. Pastikan menunya tetap sehat, ya, Moms.

Presentasi Makanan Menarik

Kreasikan santapan si Kecil dalam bentuk yang unik untuk menarik perhatiannya. Misalnya membuat nasi kuning dengan cetakan hewan seperti bebek atau beruang. Moms dapat melihat resep-resep untuk anak di internet sebagai rujukannya.

Menciptakan Suasana Menyenangkan

Salah satu faktor yang membuat si Kecil enggan makan adalah karena Moms sering mengajaknya lewat ancaman atau hukuman. Hapus suasana mencekam tersebut dan ganti dengan menciptakan suasana yang lebih menyenangkan seperti mengajaknya memasak santapan yang disukai.

Memberikan Camilan Sehat

Selain makanan utama, Moms juga dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisinya lewat camilan sehat. Si Kecil bisa mengonsumsi camilan seperti bola-bola kentang isi daging dan wortel, sus mini dengan isi vla cokelat, donat mini tabur keju, dan lain sebagainya.

Jangan Imingi dengan Dessert

Konsumsi makanan manis secara berlebihan akan membuat peluang obesitas pada si Kecil meningkat. Moms dapat menggantinya dengan buah-buahan atau yogurt sebagai penutup dari makanan utama. Dessert diperbolehkan, tetapi jangan sampai setiap hari.

Pastikan Moms juga tidak memberi minuman saat si Kecil masih makan. Hal tersebut akan membuatnya cepat kenyang dan menghalangi asupan nutrisi dan gizi untuk tubuhnya.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.