Merries For Moms

Kapan Anak Perlu Diajari Makan Sendiri?

0 16
Kapan Anak Perlu Diajari Makan Sendiri?

Si kecil makan sendiri? Apakah ini mungkin dilakukan? Pasti yang Moms bayangkan adalah kondisi meja berantakan dan baju si kecil yang kotor. Walaupun kondisi ini benar adanya, Moms tak perlu mengkhawatirkannya. Mengajari si kecil makan sendiri harus dilakukan agar si kecil bisa makan sendiri. Untuk mengajari si kecil makan sendiri, Moms harus ekstra sabar karena gampang – gampang susah. Moms jangan terlalu menekan si kecil atau justru memarahinya saat si kecil tidak bisa makan sendiri dengan baik dan benar.

Mendampingi Si Kecil Saat Makan Sendiri

Saat Moms ingin mengajarkan si kecil makan sendiri, maka jangan pernah si kecil ditinggalkan sendirian. Kenapa? Hal ini dikarenakan kondisi meja akan jauh lebih berantakan daripada saat Moms menemaninya. Akan ada banyak ceceran sisa makanan diatas meja ataupun lantai. Biasanya si kecil lebih senang bermain – main dengan makanannya tersebut daripada menelannya. Jadi, penting untuk mendampingin si kecil saat tahap belajar makan sendiri.

Mengajari Si Kecil Makan Sendiri Sejak Dini

Ada fase – fase tertentu dimana Moms mulai mengajarkan si kecil makan sendiri. Bila Moms memutuskan untuk mengajari si kecil makan sendiri, Moms bisa melakukannya sedini mungkin. Bahkan jika Moms mau, bisa mengajarinya memegang benda sejak usia 8 sampai 10 bulan. Walaupun masih kecil, tetapi bisa merangsang si kecil memegang benda dan membuatnya lebih familiar dengan benda – benda yang dipegang.

Moms bisa mengajari si kecil memegang biscuit atau roti kering saat usianya menginjak 8 hingga 10 bulan. Ajarilah dia memegangnya dengan benar. Biasanya saat si kecil diajari memegang benda atau biscuit, lambat laun dia akan memasukkan makanan itu ke mulutnya. Nah, mulai saat itu Moms bisa mengajari dan memberikan pengertian tentang makan sendiri.

Bagi banyak orang, di usia sedini itu belum terlalu efektif untuk mengajarinya makan sendiri. Tetapi, justru di usia segitu, Moms bisa melatih kedisiplinan si kecil untuk mulai makan sendiri. Moms juga berselang seling menyuapi si kecil dengan makanan atau bubur. Pastikan mangkok bubur di taruh diatas meja atau lantai saat menyuapi si kecil agar dia tahu bahwa itu adalah makanan. Setelah memperkenalkan cara makan sendiri, Moms mulai mengajarinya lebih intensif saat si kecil berusia 1 hingga 3 tahun. Di usia segini, si kecil sudah bisa memegang peralatan makan dengan baik dan benar. Jadi, biasakanlah si kecil makan sendiri saat usia – usia 1 – 3 tahun.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.