Merries For Moms

Cara Bercerita pada Si Kecil Sesuai Tahap Tumbuh Kembangnya

0 143
Cara Bercerita pada Si Kecil Sesuai Tahap Tumbuh Kembangnya

Tahukah Moms, kalau cerita merupakan salah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan Si Kecil. Dengan cerita, maka Si Kecil akan lebih tertarik dan menyimak apa yang Moms katakan. Hal ini akan memudahkan Moms untuk menyampaikan pesan yang ingin Moms katakan pada Si Kecil. Tidak hanya itu, dengan bercerita atau membacakan dongeng untuk Si Kecil juga bisa menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan komunikasi Si Kecil. Akan tetapi, Moms tidak bisa begitu saja bercerita pada Si Kecil. Moms harus menyesuaikan cara bercerita yang Moms gunakan, sesuai dengan usia Si Kecil.

Untuk Si Kecil Berusia 6 - 18 Bulan

Pada usia ini, Si Kecil belumlah terlalu bisa berkomunikasi dengan baik. Si Kecil juga belum terlalu paham bahasa yang Moms gunakan. Jadi, pada rentang usia ini, sebaiknya Moms lebih menggunakan cara yang ekspresif saat menjelaskan sesuatu, gunakan juga cerita yang menggunakan benda-benda yang sehari-hari mudah ditemukan oleh Si Kecil dan biasanya Si Kecil berinteraksi dengan benda-benda tersebut. Dengan cara ini akan membuat Si Kecil lebih mudah paham, agar lebih efektif gunakan suara untuk menjelaskan tiap benda tersebut. Misalnya, bila Moms menjelaskan tentang “kucing”, tirukan suara kucing.

Untuk Si Kecil Berusia 18 - 30 Bulan

Pada usia ini, kosakata Si Kecil sudah cukup banyak. Si Kecil juga bisa lebih aktif dan ikut serta dalam pembicaraan. Pada usia ini, Moms dapat menggunakan cara yang ekspresif, dan ajukan juga pertanyaan-pertanyaan di tengah cerita. Moms dapat menggunakan ini untuk mengajak Si Kecil juga terlibat dalam cerita. Misalnya, saat Moms bercerita tentang satu tema, minta Si Kecil untuk melanjutkannya, contohnya “Saat Kancil pergi ke sungai, dia bertemu dengan...bua...ya”. Dengan cara ini Si Kecil akan lebih tertarik dan juga bisa berbicara lebih banyak lagi.

Untuk Si Kecil Berusia 30 - 48 Bulan

Rentang usia ini adalah usia di mana Si Kecil sudah sangat mengerti, kemampuan komunikasinya sudah sangat baik dan menurut ahli, ini adalah usia dimana Moms sudah bisa mengajarkan tentang norma dan nilai moral. Jadi, manfaatkan rentang usia ini untuk memberikan berbagai pesan dan cerita, atau contoh yang mampu membentuk pribadi Si Kecil menjadi lebih baik. Tapi Moms jangan hanya terus bercerita. Beri juga kesempatan Si Kecil untuk berbicara, agar kemampuannya itu terlatih dengan baik.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.