Merries For Moms

Bantu Si Kecil Belajar Jalan dengan Cara Ampuh Ini Dads!

0 13
Bantu Si Kecil Belajar Jalan dengan Cara Ampuh Ini Dads!

Apakah Dads punya balita yang belum belajar berjalan hingga usia 1 tahun? Tak perlu khawatir Dads karena setiap balita punya fase berjalan sendiri. Biasanya si kecil bisa berjalan di usia 9 – 18 bulan. Jadi, jangan terlalu panik bila si kecil belum berjalan di usia 1 tahun. Dads harus sering memberikan latihan dan stimulasi pada si kecil. Dan, inilah cara tepat untuk membantu si kecil berjalan.

Latihan Koordinasi dan Keseimbangan Badan

Cara pertama yang bisa Dads lakukan untuk membuat si kecil cepat berjalan adalah dengan melatih si kecil keseimbangan badan dan koordinasi. Tak hanya otot punggung saja yang harus kuat, keseimbangan badan sangat dibutuhkan saat si kecil belajar berjalan. Dads bisa melatih keseimbangan dan koordinasi badan si kecil dengan menggunakan bola. Gelindingkan bola ke arah si kecil agar dia mau bergerak untuk menangkap bola. Tetapi, pastikan bahwa si kecil sudah bisa duduk.

Latihan Berdiri dengan Tegak

Si kecil akan kesulitan untuk berjalan bila Dads tak melatihnya berdiri dengan tegak. Latihan ini berguna untuk merangsang si kecil berjalan dan memulai melangkah pertama kalinya. Latihlah si kecil untuk bisa berdiri tegak walaupun masih kesulitan. Biarkanlah si kecil berdiri beberapa detik. Bila si kecil jatuh, Dads tak perlu khawatir. Lakukan cara ini terus menerus hingga si kecil mau untuk melangkah dengan sendirinya.

Latihan Merambat

Cara lainnya adalah dengan latihan merambat. Latihan ini bisa merangsang si kecil berjalan dengan cepat. Latihlah merambat setelah si kecil bisa berdiri dengan tegak. Bagaimana caranya? Dads bisa membimbing si kecil berdiri dan merambat pada sofa atau kursi. Pastikan Dads selalu berada disampingnya agar tak terjadi cedera saat si kecil jatuh. Setelah mulai bisa merambat, biasanya si kecil akan berusaha untuk berpegangan pada benda itu dan lama kelamaan akan memberikan langkah

Latihan dengan Baby Walker

Dads bisa menggunakan baby walker untuk melatih berjalan si kecil. Cara ini dianggap sangat efektif untuk membantu berjalan. Apa itu baby walker? Baby walker merupakan alat atau benda berupa kereta dorong yang berguna untuk meningkatkan keberanian si kecil berjalan dengan sendiri. Dengan alat ini, pastinya si kecil akan terbiasa berjalan walaupun dengan menggunakan alat. Tak ada salahnya juga Dads merangsang si kecil dengan memberikan mainan atau makanan agar si kecil bisa mendekati Dads. Itulah tadi beberapa latihan dan cara membuat si kecil mau belajar berjalan.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.