Merries For Moms

Agar Tidak Salah Memilih Sekolah, Kenali 3 Gaya Belajar Si Kecil Yuk Moms!

0 2
Agar Tidak Salah Memilih Sekolah, Kenali 3 Gaya Belajar Si Kecil Yuk Moms!

Memasukkan si kecil ke sekolah tepat akan membuatnya semakin berkembang. Namun, sering kali Moms dan Dads salah memasukkan si kecil ke sekolah. Pemilihan sekolah yang tepat biasanya berkaitan dengan gaya belajar si kecil. Jadi, sebelum Moms memilihkan sekolah si kecil, Moms harus tahu gaya belajar si kecil itu seperti apa sih. Gaya belajar yang berbeda inilah mempengaruhi kemampuan si kecil dalam menyerap informasi yang didapat. Yuk, cari tahu tiga gaya belajar si kecil.

Visual

Gaya belajar yang pertama adalah visual. Si kecil yang mempunyai gaya belajar ini cenderung lebih cepat untuk menyerap dan menangkap informasi melalui penglihatannya atau visualnya. Pengamatan si kecil amat baik dibandingkan dengan lainnya. Perhatian si kecil akan lebih mudah dipengaruhi oleh sesuatu yang ada disekelilingnya. Metode yang diperlukan untuk memaksimalkan potensi si kecil adalah dengan memakai video, film, gambar, ataupun media visual lainnya agar memaksimalkan pemahaman informasi dan pelajaran lebih cepat.

Auditory

Gaya belajar si kecil selanjutnya adalah auditory. Apa itu auditory? Si kecil yang memiliki gaya belajar ini biasanya cenderung lebih mudah menyerap pelajaran dan informasi melalui pendengaran. Si kecil mengandalkan pendengarannya untuk belajar. Si kecil lebih suka mendengarkan cerita dan merespon instruksi secara oral. Bila Moms memberikan pelajaran secara oral, biasanya si kecil lebih mudah menangkapnya. Hindarilah bunyi – bunyian yang mengganggu konsentrasi si kecil karena konsentrasi saat belajar mereka akan terpecah dengan adanya suara.

Kinestetik

Gaya belajar yang terakhir adalah kinestetik. Mungkin anak Moms termasuk dengan si kecil yang memiliki gaya belajar kinestetik. Si kecil dengan gaya ini membutuhkan usaha lebih untuk mengajarinya. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan si kecil sangat suka bergerak. Si kecil cenderung tak bisa duduk diam dan mendengarkan pelajaran. Si kecil sangat aktif dan melompat – lompat saat pelajaran sehingga akan sangat susah sekali untuk mengajarinya dengan metode yang sama. Bila Moms punya anak dengan gaya belajar kinestetik, sebaiknya pilihlah sekolahan yang tak terlalu formal atau sekolah alam yang menawarkan belajar sambil bermain. Cara ini jauh lebih tepat untuk si kecil.

Ketiga gaya belajar si kecil memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing. Sebaiknya Moms bisa memilihkan sekolah yang tepat untuk memaksimalkan keunggulan gaya belajar dan meminimalkan kekurangannya. Jangan sampai Moms dan Dads malah mengunci potensi belajar si kecil dan memaksimalkan sesuatu yang tak disukai si kecil.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.