Merries For Moms

Resep Bento untuk Bekal Si Kecil

0 13

Jika Moms gemar memberikan si kecil bekal untuk dibawa ke sekolah maka sesekali cobalah bawakannya makanan bento. Tentu Moms tahu, bento merupakan makanan khas Jepang yang saat ini dapat dengan mudah ditemui di negara kita karena sangat banyak pecinta makanan bento ini. Namun, sebenarnya Moms dapat membuat bekal makanan bento ini sendiri lho mengingat peralatan dari bento berupa cetakan dan alat lainnya sudah banyak beredar.

Berikut beberapa arahan yang harus Moms lakukan untuk membuat bekal makanan bento yang sehat, lucu dan unik:

Moms harus memperhatikan dari segi wadah atau box-nya

Pilihlah wadah yang sesuai dengan karakter yang akan Moms bentuk. Apabila Moms akan membentuk atau berkreasi dalam ukuran besar dan cukup sulit maka pilihlah wadah yang agak besar. Namun, jika kreasi bento Moms sederhana maka pilihlah wadah yang kecil saja.

Persiapkan nasi

Masak nasi agak sedikit lebih pulen daripada biasanya. Karena nasi pulen akan sangat mudah dibentuk dan ketika proses memasak nasi harus sedikit agak lembek. Moms juga dapat mewarnai nasi menjadi kuning dengan bahan alami seperti kunyit ataupun warna lain seperti merah. Bekal makanan bento dengan variasi warna nasi yang berbeda daripada biasanya tentu akan membuat si kecil menghabiskan bekalnya Moms.

Hadirkan Furikake

Apa itu Furikake? Furikake merupakan salah satu bahan yang dapat melengkapi bekal makanan bento si kecil Moms. Makanan ini semacam abon tetapi berasal dari sayur-sayuran yang kering serta mempunyai berbagai variasi rasa dan warna. Cara memakaikannya yakni dengan dicampurkan ke dalam nasi sebelum nasi dicetak.

Sayuran segar

Komponen ini harus ada Moms dalam bekal makanan bento anak Moms. biasanya, sayuran yang wajib ada ialah wortel, selada hingga mentimun karena cocok digunakan untuk membentuk karakter.

Setelah komposisi bahan di atas siap, Moms dapat memulai membuat bento. Caranya, pertama-tama lapisi wadah bento menggunakan selada lalu campurkan nasi yang masih panas dengan furikake. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, Moms harus memasukkan nasi ke dalam cetakan bento, lalu tekan hingga nasi tersusun rapi pada cetakan. Kemudian lepaskan pada tempat bento, lalu tata.

Untuk mempercantik, Moms dapat memberikan potongan wortel yang di bentuk pita atau bunga, kemudian menambahkan tomat sebagai hidung, atau jamur sebagai rambut. Setelah proses tersebut selesai, jangan langsung menutup wadah bentonya Moms. Melainkan biarkan dulu uapnya hilang dan dingin. Barulah tutup wadah dan bekal bento pun siap dibawa si kecil ke sekolah.

Nah, dengan modifikasi bekal makanan tersebut si kecil akan sangat bersemangat Moms menyantap makan siangnya.

resep lainnya

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.