Merries For Moms

Bubur Pisang Anggur, Baik untuk Si Kecil Berusia di Atas 9 Bulan

0 9

Seiring bertambahnya usia, Si Kecil perlu diajari untuk menyantap makanan pendamping selain ASI atau MPASI. Karena geligi dan sistem pencernaannya belum berkembang sempurna, makanan yang akan dia konsumsi pun tidak boleh sembarang pilih. Maka, penting bagi Moms untuk mengetahui dan menyiapkan daftar MPASI yang bisa disantap oleh Si Kecil sesuai dengan umurnya.

Ketika memasuki usia 9 bulan, misalnya, Si Kecil bisa diperkenalkan dengan makanan bertekstur lembut seperti pisang. Buah lonjong berwarna kuning ini dikenal dengan dagingnya yang lembut, rasanya yang manis, serta kaya akan kandungan gizi dan nutrisi. magnesium, kalium, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin B kompleks, vitamin B6, dan seratonin di dalam pisang dapat menunjang pertumbuhan Si Kecil. Prebiotik yang terdapat pada buah ini pun membantu tubuhnya untuk menyerap nutrisi.

Bukan hanya pisang, anggur juga bisa Moms masukan ke daftar menu MPASI untuk Si Kecil. Rasanya yang manis disertai dengan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang baik bagi kesehatan Si Kecil. Nah, tak ada salahnya bagi Moms untuk menggabungkan manfaat dari pisang dan anggur dengan membuat santapan lezat seperti bubur pisang anggur. Resep membuatnya pun sangat mudah dan bisa Moms buat sendiri di rumah.

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat bubur pisang anggur dan langkahnya:

Bahan-bahan untuk Bubur Pisang Anggur

  • Pisang, satu buah;
  • Anggur, delapan buah (bijinya sudah dibuang);
  • ASI, 50 ml;
  • Air hangat, 150 ml.

Langkah-langkah Membuat Bubur Pisang Anggur

  1. Siapkan pisang, lalu kerok bagian pinggirnya dan buang bagian tengahnya;
  2. Cacah pisang dan anggur yang bijinya sudah dibuang. Masukkan ke dalam blender;
  3. Tuang air hangat ke dalam blender dan haluskan anggur serta pisang sampai teksturnya menjadi halus;
  4. Sisihkan adonan buah yang akan dijadikan bubur tersebut ke dalam mangkuk;
  5. Kemudian, tuang ASI ke dalam mangkuk berisi bubur buah. Aduk sampai semua bahan rata;
  6. Jika tekstur bubur terlalu encer, Moms dapat menambahkan pisang yang sudah dihaluskan agar teksturnya kembali kental.

Sebelum membuat bubur pisang anggur, Moms harus memastikan kalau Si Kecil menyukai kedua buah ini. Moms juga bisa membuat variasi menggunakan havermut atau keju cheddar untuk memperkaya rasa dan tekstur bubur. Jangan lupa untuk mencicipinya terlebih dahulu sebelum bubur disantap oleh Si Kecil, ya!

resep lainnya

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.