Merries For Moms

Prenatal Yoga, Apa Saja Manfaatnya?

0 14
Prenatal Yoga, Apa Saja Manfaatnya?

Moms pasti sudah tahu kalau Yoga adalah salah satu senam atau olahraga favorit yang bisa Moms lakukan untuk mendapatkan tubuh bagus dan menyehatkan juga. Nah, saat hamil, ada juga senam Yoga yang bisa Moms lakukan. Namanya, Prenatal Yoga. Seperti senam Yoga yang dilakukan saat normal, Prenatal Yoga juga mempunyai berbagai manfaat.

Berikut adalah beberapa gerakan prenatal yoga lengkap dengan manfaatnya untuk Moms yang sedang hamil.

Side stretch

Cara untuk melakukan side stretch (peregangan samping badan) adalah pertama kaki bersila dengan tangan diletakkan di samping. Kemudian perlahan condongkan tubuh ke sebelah kiri. Kalau memang masih bisa, turunkan tubuh sampai siku Moms dekat dengan lantai. Setelahnya lakukan gerakan yang sama dengan condong ke sebelah kanan.

Fungsi dari side stretch ini adalah relaksasi pada sisi tubuh sekaligus menyegarkan tubuh Moms.

Butterfly Pose

Butterfly pose atau pose kupu-kupu bisa dilakukan dengan cara merapatkan telapak kaki. Kalau tidak bisa rapat, gerakkan 2 telapak kaki Moms sedikit lebih maju. Buka lutut, pegang jari-jari kaki, lalu tegakkan punggung (tulang belakang) dan busungkan dada. Kalau Moms masih sanggup, arahkan tubuh ke depan tapi ingat jangan dipaksakan, lakukan semampunya saja.

Fungsi dari butterfly pose ini adalah membuat otot paha, tulang belakang dan punggung jadi lebih kuat.

Tree pose balance

Cara melakukan gerakan prenatal yoga yang satu ini adalah dengan memposisikan dua tangan di depan dada lalu satu kaki berdiri tegak dengan satu kaki lainnya diangkat dan diletakkan di sisi dalam kaki sampingnya.

Kalau Moms merasa masih mampu, angkat lalu tempelkan kaki ke sisi dalam yang lebih tinggi dengan meluruskan tangan Moms ke atas. Posisi kaki paralel dan usahakan tubuh Moms tidak miring karena bisa membahayakan pergelangan kaki.

Apa fungsi dari tree pose balance? Bisa menguatkan otot-otot kaki dan juga mencegah kaki bengkak yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.