Merries For Moms

Pakai 3 Cara Ini untuk Stimulasi Janin

0 40
Pakai 3 Cara Ini untuk Stimulasi Janin

Bagi kebanyakan ibu modern, memberikan stimulasi janin saat sedang mengandung merupakan sesuatu yang sangat penting. Tentunya Moms ingin melihat si kecil lahir dengan sehat, selamat, serta tumbuh menjadi anak yang cerdas bukan?

Apa Pentingnya Stimulasi Janin?

Stimulasi janin sejak dini memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan sel otak pada calon buah hati anda. Saat masih dalam bentuk janin maka pada saat itulah sel-sel otak si kecil mulai terbentuk. Ketika Moms rajin memberikan berbagai macam stimulasi maka akan memberikan dampak yang sangat positif, terutama untuk kesehatan dan kecerdasan si kecil nantinya. Selain itu, dengan memberikan stimulasi pada janin akan mempererat ikatan batin antara Moms dan calon si kecil setelah lahir nanti.

Bagaimana Cara Menstimulasi Janin?

Moms tidak perlu khawatir karena melakukan stimulasi pada janin merupakan suatu hal yang sangat mudah sekali. Ada beberapa cara tepat yang dapat Moms praktekkan sendiri tanpa harus meminta bantuan dari orang lain.

Memperhatikan Gizi dan Nutrisi

Ini adalah cara yang sudah umum dianjurkan oleh para dokter kandungan. Namun, pasti terkadang Moms merasakan tidak nafsu makan atau bahkan merasa mual ketika melihat makanan bukan? Dalam kondisi tersebut, Moms sebaiknya tidak bersikap egois dimana harus tetap menjaga serta memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam perut. Moms harus tetap memperhatikan asupan makanan, seperti banyak makan sayuran serta buah-buahan yang pastinya sehat.

Sering Memberikan Rangsangan

Rangsangan yang dimaksud adalah berupa gerakan tangan dan suara. Moms dapat memberikan sentuhan, belaian pada permukaan perut, mengajak berbicara, atau memperdengarkan musik pada janin. Dengan memberikan rangsangan seperti belaian lembut maka akan membangun ikatan positif antara Moms dan si kecil. Kemudian rangsangan musik juga mampu memberikan ketenangan serta merangsang kecerdasan otak pada janin. Disini Dads juga dapat berperan serta dimana rajin mengajak bicara positif calon si kecil yang ada di dalam kandungan. Sekitar pada usia 13 hingga 16 minggu pendengaran janin dapat berfungsi sehingga dapat mendengar respon yang diberikan.

Memberikan Stimulasi Cahaya

Tahukah Moms kalau si kecil yang masih ada di dalam kandungan ternyata bisa merasakan rangsangan berupa cahaya? Cobalah untuk mengarahkan sebuah senter di atas permukaan perut, dengan begitu janin akan memberikan respon berupa tendangan atau pergerakan yang lain. Hal ini juga mampu menstimulasi kepekaan mata serta perkembangan otaknya.

Karena pada saat mengandung adalah waktu yang tepat untuk membentuk otak si kecil nantinya, maka banyak ibu hamil yang gencar untuk menstimulasi janin mereka. Itulah 3 cara mudah yang dapat Moms atau Dads lakukan sendiri di rumah untuk memberikan stimulasi janin yang berfungsi untuk perkembangan otak si kecil saat tumbuh dewasa.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.