Merries For Moms

Nyeri Haid Membuat Wanita Sulit Hamil, Benarkah?

0 34
Nyeri Haid Membuat Wanita Sulit Hamil, Benarkah?

Pernahkan Moms mengalami nyeri saat sedang menstruasi atau bahkan terlalu sering? Memang suatu hal yang wajar apabila mengalami rasa kram dan juga nyeri pada sekitar perut ke bagian bawah ketika wanita sedang dalam masa menstruasi. Rasa tersebut terjadi akibat adanya peluruhan sel-sel di dinding rahim yang tidak dibuahi. Akan tetapi, apakah wajar jika sakitnya secara terus menerus hampir di setiap masa haid?

Bahaya Nyeri Haid

Tak jarang juga banyak sekali wanita yang harus benar-benar beristirahat dan meninggalkan aktivitasnya karena sedang mengalami dismenore atau nyeri saat menstruasi. Apabila Moms terlampau sering mengalami rasa nyeri yang teramat sangat sakit maka hal tersebut patut dicurigai. Bisa saja keadaan tersebut menjadi salah satu tanda adanya penyakit berbahaya di dalam tubuh. Akan tetapi, tak semua nyeri saat haid diakibatkan oleh adanya suatu penyakit. Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa Moms mengalami sakit dan nyeri ketika sedang menstruasi. Hal-hal tersebut antara lain akibat pemakaian alat kontrasepsi IUD atau spiral, stress, ataupun adanya suatu infeksi di dalam rahim.

Dismenore dan Kemandulan

Ada sebuah mitos yang sering muncul dan sudah didengar oleh masyarakat sekitar yaitu nyeri saat menstruasi akan membuat wanita menjadi sulit hamil atau bahkan mandul. Akan tetapi, pada kenyataannya hal tersebut tidaklah seutuhnya benar. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa tidak semua nyeri haid dapat dikategorikan sebagai pemicu kemandulan. Ada dua jenis nyeri haid atau dismenore yaitu:

Dismenore Utama

Nyeri menstruasi yang satu ini biasanya dialami oleh para gadis remaja yang baru mengalami fase menstruasi. Dismenore utama tidak disebabkan oleh adanya penyakit tertentu yang berbahaya seperti kanker cervix, tumor, dll. Yang menyebabkan rasa nyeri ini adalah karena adanya peningkatan hormon wanita yaitu prostaglandin.

Dismenore Sekunder

Nah Moms, inilah jenis rasa nyeri akibat menstruasi yang patut Moms khawatirkan. Dismenore ini diakibatkan oleh suatu penyakit atau virus tertentu yang sangat membahayakan bagi kesehatan alat dan sistem reproduksi wanita. Rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkanpun sangat berlebihan bahkan sering membuat para wanita pingsan atau jatuh sakit.

Ternyata nyeri ketika menstruasi dapat diredakan dan diatasi dengan cara alami loh Moms! Moms bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti kacang-kacangan, bayam, dan sayuran yang berdaun hijau gelap. Selain itu, buah pisang juga sangat ampuh sekali untuk mengurangi rasa sakit ketika sedang menstruasi.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.