Merries For Moms

Kehamilan Ternyata Mengubah Otak Wanita Secara Tidak Terduga

0 87
Kehamilan Ternyata Mengubah Otak Wanita Secara Tidak Terduga

Kehamilan membawa perubahan besar pada ibu hamil terutama perubahan fisik. Bentuk tubuh yang lebih gemuk dan perut membuncit pastinya membuat Moms kurang percaya diri. Selain itu, terjadi perubahan hormon dan emosional pada Moms yang hamil. Apakah masih ada perubahan lainnya yang terduga? Ternyata kehamilan membawa perubahan otak pada Moms yang sedang hamil.

Struktur Otak pada Moms Berubah Cukup Drastis Selama Hamil

Ada penelitian yang menyatakan bahwa kehamilan mampu mengubah struktur pada beberapa bagian tertentu di dalam otak pada Moms. Perubahan ini terjadi tak terjadi pada mereka yang belum atau tidak pernah hamil. Bisa dibilang kehamilan berdampak terjadinya perubahan struktur pada otak. Selain itu, kehamilan juga mengurangi cukup signifikan materi abu – abu pada bagian otak yang ada kaitannya dengan kemampuan Moms untuk menempatkan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. Hal ini pastinya membuat Moms lebih sabar dan memperhatikan kehamilannya dan janin saat hamil. Kondisi ini berjalan dan bertahan selama kurang lebih dua tahun. Perubahan pada otak ini akan membuat Moms menjadikan si kecil sebagai prioritas utama selama hamil. Hal inilah yang secara tak langsung membangun ikatan sangat kuat antara si janin dan Moms selama hamil. Penurunan grey matter pada otak tersebut bukan hal atau pertanda buruk. Hal ini adalah proses yang berguna dan bermanfaat untuk seorang ibu.

Kehamilan juga membantu otak Moms lebih istimewa. Kok bisa? Selama proses kehamilan, Moms menjadi lebih peka untuk memahami kebutuhan si kecil dan ancaman sosial dari lingkungan sekitar yang bisa memengaruhi perkembangan si kecil. Perubahan pada otak ini juga akan merangsang terjadinya ikatan emosional yang sangat kuat antara si kecil dan ibu sehingga mereka punya ikatan alami. Perubahan pada otak bagi ibu hamil terjadi memang benar adanya. Wanita hamil menunjukkan perubahan materi abu – abu yang mengalami penurunan, dan adanya penipisan pada bagian cortek yang berkaitan dengan sosial dan koginitifnya.

Perubahan – perubahan diatas terjadi secara umum pada Moms yang hamil. Semua wanita hamil pasti mengalaminya dan tak ada perbedaan baik secara medis atau alami tentang hal tersebut. Perubahan otak saat hamil ternyata berpengaruh terhadap daya ingat Moms selama hamil. Banyak ibu hamil yang mengeluh menjadi mudah lupa dan emosional selama kehamilan. Inilah yang terjadi pada perubahan otak Moms. Selain berdampak baik juga memiliki dampak yang kurang baik. Selain perubahan otak, kehamilan juga mempengaruhi perubahan hormonal pada Moms.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.