Merries For Moms

Cara Efektif Atasi Ketakutan Melahirkan

0 36
Cara Efektif Atasi Ketakutan Melahirkan

Takut sebelum melahirkan atau bahkan saat melahirkan bisa dikatakan wajar terjadi. Apalagi, bila Moms baru melahirkan Si Kecil untuk pertama kalinya. Lalu gimana dong? Sabar, yang perlu Moms lakukan ada di bawah ini.

Ikut kelas ibu hamil

Moms dapat mengikuti kelas ibu hamil untuk mendapatkan berbagai informasi dan bantuan. Hal ini juga dapat membantu Moms untuk mendapatkan rasa kepercayaan diri menghadapi kehamilan atau saat melahirkan.

Dokter Kandungan

Memilih dokter yang tepat juga wajib loh Moms. Dokter atau bidan yang tepat akan dapat membantu Moms lebih tenang menghadapi kelahiran.

Lepaskan Tekanan

Moms mungkin banyak berharap dan memasang target pada pekerjaan sebelum mengambil cuti melahirkan. Sebaiknya, hal ini jangan dilakukan, agar Moms bisa santai. Dan, ini akan mengurangi stress dan tekanan, yang bisa mengurangi juga rasa takut saat melahirkan nanti.

Latihan Relaksasi

Meditasi, latihan pernafasan dan sejenisnya untuk membuat pikiran menjadi santai sangat membantu juga. Jadi, cobain Moms.

Visualisasikan Diri

Moms juga harus bisa memvisualisasikan diri agar bisa membayangkan berada di tempat menyenangkan. Hal ini akan dapat sangat membantu saat Moms merasakan masalah atau kesulitan saat melahirkan nanti.

Cerita Seram

Bukan, Moms tidak berarti harus mendengarkan cerita seram sebelum melahirkan. Melainkan, Moms harus menghindarinya. Cerita seram disini bukan berarti cerita hantu dan horor. Biasanya, ada teman Moms yang menceritakan pengalamannya saat melahirkan. Tentang bagaimana sulitnya, sakitnya dan lain sebagainya. Mungkin, mereka berpikir dengan membuat Moms tahu kesulitan yang dihadapi, akan membuat Moms lebih percaya diri. Namun, hal ini malah berdampak sebaliknya. Akan memberikan gambaran yang buruk dan membuat Moms semakin takut. Jadi, hentikan dan katakan pada teman Moms untuk tidak menceritakan hal-hal seperti in.

Dukungan

Dukungan dari teman, sahabat dan tentu Dads tercinta adalah obat yang paling mujarab untuk membantu Moms mengatasi ketakutan saat akan melahirkan. Dukungan ini dapat berupa perhatian, cerita asalkan bukan cerita seram seperti yang disebut diatas, dan lain sebagainya.

Bila dilihat hal-hal yang perlu Moms lakukan untuk mengatasi ketakutan saat melahirkan, bisa disimpulkan yang Moms butuhkan adalah informasi. Memang, pada dasarnya salah satu hal yang membuat manusia takut adalah ketidak tahuan. Jadi, dengan membekali diri dengan informasi, Moms akan lebih tahu apa yang akan dihadapi. Dan, ini akan mengurangi ketakutan Moms saat melahirkan nanti.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.