Merries For Moms

Cara-Cara yang Tepat untuk Memudahkan Persalinan

46
Cara-Cara yang Tepat untuk Memudahkan Persalinan

Setiap ibu hamil tentu menginginkan proses persalinannya dapat berjalan dengan lancar. Untuk memudahkan proses persalinan, ada beberapa hal yang perlu Moms lakukan yakni sebagai berikut:

Senam Kegel

Ini merupakan senam peregangan untuk menguatkan panggul ibu hamil. Melatih dan menguatkan otot–otot dasar panggul membantu memudahkan proses persalinan. Senam kegel ini juga membantu melatih otot di daerah uretra, rektum, kandung kemih, dan juga rahim. Gerakan ini bisa dilakukan saat sedang duduk maupun berdiri dengan durasi sekitar 3 sampai 10 detik. Latihan diulangi minimal 4 kali sehari.

Berjalan Kaki

Selain melakukan senam ibu hamil, Moms sebaiknya juga sering-sering berjalan kaki untuk aktivitas sehari-hari. Pasalnya berjalan kaki akan mempercepat proses persalinan. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan saat kehamilan sudah memasuki trimester ketiga karena berjalan kaki membantu posisi bayi supaya masuk  ke jalur lahir.

Senam Jongkok

Pada senam ibu hamil ini, posisi punggung diluruskan dan perlahan badan diturunkan sampai posisi jongkok. Tahan selama 10 detik kemudian kembalilah ke posisi awal. Ulangi gerakan senam ini beberapa kali sehari untuk meregangkan otot panggul dan memperkuat otot paha sehingga akan memudahkan ibu hamil saat melahirkan.

Memiringkan Panggul

Senam memiringkan panggul pada ibu hamil akan meningkatkan kekuatan otot perut sekaligus membantu mengatasi sakit pinggang khususnya pada saat trimester ketiga. Posisi ini dapat dilakukan dengan posisi tubuh merangkak dengan kepala yang sejajar dengan punggung. Setelah itu, kepala menengadah sambil menarik nafas dan melepas nafas. Senam ini sebaiknya dilakukan dengan santai dan dilakukan beberapa kali sehari secara rutin.

Pose Kupu-kupu

Pose ini kadang juga disebut dengan pose kupu-kupu.  Posisi ini adalah duduk dan punggung lurus dengan dinding. Telapak kaki menyentuh rapat dan doronglah lutut ke arah bawah sampai menyentuh lantai. Posisi ini bertujuan untuk melatih otot paha dan menghilangkan stress punggung bawah.

Demikian beberapa cara untuk melancarkan proses persalinan yang dapat Moms lakukan. Cara tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.