Merries For Moms

5 Tantangan yang Harus Dihadapi Ibu Hamil Supaya Bisa Tidur Nyenyak

0 55
5 Tantangan yang Harus Dihadapi Ibu Hamil Supaya Bisa Tidur Nyenyak

Untuk bisa tidur nyenyak ternyata bukanlah keinginan orang-orang yang memiliki penyakit insomnia saja, namun ibu hamilpun juga menginginkannya. Moms pasti pernah mengalami betapa sulitnya tidur dengan nyenyak dan nyaman ketika sedang mengandung bukan? Apalagi jika usia kandungan Moms sudah besar dimana akan sangat kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman tetapi juga aman.

Hal-hal yang Menyebabkan Ibu Hamil Susah Tidur

Mual

Mual tidak hanya dirasakan saat bangun tidur saja atau yang sering disebut dengan morning sickness, tetapi Moms juga bisa merasakan mual di malam hari tepatnya ketika menjelang tidur. Moms biasanya akan mengalami gejala tersebut pada usia kehamilan awal yaitu pada 12 minggu pertama saat masa kehamilan.

Sering Buang Air Kecil

Pastilah tidak nyaman ketika sedang tertidur lelap namun tiba-tiba harus terbangun karena ingin buang air kecil. Biasanya hal tersebut sering sekali terjadi sehingga Moms tidak dapat menikmati tidur nyenyak di malam hari. Semakin besar usia kandungan akan mengakibatkan kandung kemih semakin tertekan dimana akan membuat Moms semakin sering buang air kecil.

Kaki Terasa Kram

Jika Moms sering mengalami kram kaki terutama di malam hari, penyebab utamanya ialah terlalu kelelahan karena menopang berat badan ketika mengandung. Perut yang membesar serta naiknya berat badan membuat kaki terasa mudah lelah. Untuk mengatasi hal ini, Moms dapat memijat kaki atau merendamnya dengan air hangat.

Sulit Mencari Posisi Tidur

Ketika kandungan Moms sudah mulai membesar maka akan semakin sulit juga untuk mencari posisi tidur yang pas. Perut yang semakin membesar akan membuat Moms tidur dengan posisi terlentang terus-menerus. Hal tersebut tentunya sangat tidak nyaman dan membuat tubuh menjadi pegal sehingga ingin mengganti posisi tidur.

Mengalami Sleep Apena

Apa itu Sleep Apena? Ini adalah gangguan pada saluran pernafasan dimana udara tidak dapat dihirup dan dihembuskan dengan leluasa sehingga menimbulkan sesak nafas. Gangguan ini memang jarang sekali dialami oleh ibu hamil. Jika Moms mengalaminya, lebih baik segera berobat ke dokter karena akan menimbulkan dampak yang serius bagi kesehatan kandungan.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hal penting yang dapat Moms lakukan agar dapat tidur dengan nyenyak dan aman adalah dengan mengatur jadwal tidur yang baik serta menerapkan pola hidup sehat. Jika dirasa sulit untuk tidur, Moms bisa mendengarkan lagu-lagu kesukaan atau musik klasik pengantar tidur. Selain itu dengan menerapkan hidup sehat seperti mengkonsumsi sayur dan buah serta melakukan olah raga ibu hamil, maka tubuh Moms akan terasa lebih bugar dan kuat sehingga tidak mudah lelah. Dengan tubuh yang sehat, maka Moms akan dapat tidur nyenyak dan terhindar dari gangguan-gangguan kehamilan tersebut.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.