Tips Memilih Peralatan Menggambar yang Aman Bagi Si Kecil

Merries Insight
19 April 2016
Umum
Share
Tips Memilih Peralatan Menggambar yang Aman Bagi Si Kecil

Salah satu rekomendasi aktivitas untuk Si Kecil adalah menggambar. Walaupun hanya coretan namun, ternyata menggambar banyak sekali manfaatnya bagi Si Kecil, Moms. Salah satu manfaat menggambar adalah untuk penyaluran emosi Si Kecil secara positif. Karena itu, jika Moms sudah melihat Si Kecil mulai corat-coret, siapkan saja peralatan menggambarnya.

Sebelum itu, Moms harus paham mengenai peralatan menggambar yang aman bagi Si Kecil. Misalnya saja, Moms perlu mempertimbangkan apakah harus memilih crayon atau pensil warna untuk Si Kecil. Hal ini sangat penting karena tanpa disadari, Si Kecil sering memasukkan jari tangan ke mulut. Bayangkan jika bahan yang digunakan pada alat gambar tersebut mengandung bahan berbahaya. Sangat penting untuk melihat dulu bahan-bahan alat gambar tersebut, Moms. Pastikan bahwa bahannya sudah sesuai dengan standar internasional baik standar Eropa atau standar Amerika. Selain itu, alat gambar yang sesuai standar akan selalu memberikan keterangan bahwa produk mereka tersebut aman untuk digunakan oleh Si Kecil.

Jika tidak ada keterangan tersebut, Moms patut hati-hati dan ada baiknya menanyakan kepada petugas terlebih dahulu. Selain bebas dari bahan berbahaya, Moms juga harus memilih jenis crayon atau pensil warna yang tebal, padat namun empuk saat digunakan oleh Si Kecil. Walaupun tampak sepele, tapi dengan memilih pensil warna yang tebal, padat dan empuk akan membuat goresan lebih cerah dan menarik bagi Si Kecil.

Jika Moms harus memilih apakah lebih baik menggunakan crayon atau pensil warna, maka jawabannya lebih baik memilih pensil warna. Pensil warna dinilai lebih aman saat digunakan oleh Si Kecil. Pensil warna tidak akan terlalu membekas di tangan Si Kecil jika dibandingkan dengan crayon yang mudah sekali menempel di tangan.

Ada beberapa ciri-ciri pensil warna yang aman untuk Si Kecil, Moms. Pertama, pensil warna tersebut tidak berbau aneh. Jika pensil warna tersebut berbau aneh, besar kemungkinan pensil tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Namun, ada pula jenis pensil warna yang memiliki bau wangi. Pensil ini tidak berbahaya selama sesuai dengan standar. Bau wangi tersebut hanya bertujuan untuk menarik perhatian Si Kecil dan membuat mereka nyaman. Kedua, saat warna menempel di tangan atau baju, warna tersebut bisa dicuci dan tidak membekas. Warna yang menempel mudah dibersihkan karena tidak menggunakan bahan kimia. Yang paling penting perintahkan Si Kecil untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan pensil warna ataupun crayon.