Tips Jitu Pilih Popok yang Tepat Untuk Keperluan Bayi newborn

Merries Insight
01 Juli 2020
Umum
Share
Tips Jitu Pilih Popok yang Tepat Untuk Keperluan Bayi newborn

Saat usia kehamilan Moms sudah masuk jalan 9 bulan, mungkin berbagai informasi sudah dikumpulkan untuk menyambung kelahiran Si Kecil. Mulai dari informasi produk apa yang akan digunakan untuk keperluan bayi newborn, hingga bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir dengan benar.

Berbicara tentang bayi newborn alias baru lahir, banyak hal yang bisa dikupas agar bisa memberikan yang terbaik untuknya. Mulai dari apa saja keperluan bayi newborn dari ujung kepala sampai ujung kaki dan bahan yang seperti apa yang paling baik dan nyaman dikenakannya.

Hal itu penting untuk menjaga kenyamanan dan juga kesehatan bayi. Apalagi sedikit hal saja perubahan yang terjadi pada bayi yang baru lahir, Moms harus memberikannya perhatian ekstra lagi.

Karena pada usia yang baru lahir, semua sistem yang ada di tubuh, baik itu pencernaan, metabolisme dan sebagainya baru mulai bekerja dan akan terus berkembang.

Pemilihan popok menjadi sangat penting dalam hal ini, karena kulit bayi yang baru lahir biasanya lebih kering dan masih tipis. Nah berikut merupakan 5 tips jitu memilih popok untuk keperluan bayi newborn yang bisa dijadikan bahan rujukan oleh Moms.

1. Lihat Respon Bayi

Saran dan juga masukan dari kerabat maupun kolega tentang mana popok yang baik tentunya sangat beragam. Namun yang perlu diingat, kondisi setiap bayi berbeda antara satu dengan yang lain.

Moms tidak bisa menyamakan cerita dari Moms lain dengan pengalaman langsung Si Kecil. Oleh karena itu, mencoba berbagai jenis popok bisa dilakukan untuk melihat reaksinya. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana tekstur dari popok yang akan dipilih. Disarankan untuk membeli popok dalam jumlah sedikit jika masih dalam tahap mencoba.

Pilihlah popok yang memiliki tekstur lembut dan tidak menimbulkan bekas di pinggangnya. Karena dengan begitu, berarti sirkulasi udara yang terjadi di dalam popok berjalan baik. Salah satunya adalah popok Merries NB24 tipe perekat yang telah didesain khusus untuk bayi yang baru lahir.

Memilih popok yang tepat akan membantu terjadinya kemungkinan iritasi bisa dihindari semenjak dini. Apabila Moms sedang mencoba satu merek popok bayi dan kemudian muncul ruam popok pada bayi, lebih baik Moms segera menggantinya dengan produk yang lain.

Salah satu alasan mengapa ruam bisa terjadi adalah besar kemungkinannya bahwa kulit bayi Moms memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi dibanding bayi lain. Moms juga perlu memperhatikan jika ruam masih terus terjadi walaupun sudah mencoba berbagai jenis popok. Berkonsultasi dengan dokter anak tampaknya adalah opsi yang baik untuk mengetahui bagaimana kondisi kulit bayi.

2. Pilih popok yang mudah digunakan

Tingkat kemudahan penggunaan juga menjadi salah satu tolak ukur dalam menentukan popok untuk keperluan bayi newborn. Bayi baru lahir biasanya memiliki gerakan yang tidak dapat diduga dan belum bisa bergerak secara stabil. 

Oleh karena itu, Moms perlu memperhatikan jenis popok yang mudah digunakan juga mudah dilepas ketika ingin mengganti dengan popok yang baru. Salah satu tipe popok bayi yang lebih cocok untuk bayi baru lahir adalah popok dengan tipe perekat. Popok tipe perekat akan memudahkan Moms mengganti popok ke bayi dalam posisi berbaring atau sedang tidur. 

Perhatikan juga seberapa cepat popok tersebut bisa menyerap cairan dan berapa banyak cairan yang bisa ditampungnya. Hal itu penting untuk mencegah munculnya ruam popok pada bayi. Karena jika popok tersebut lambat menyerap cairan, maka kondisi kulit pantat bayi akan mudah lembab dan tidak kering. 

Hal itu akan membuat bayi mengalami ruam hingga lecet. Moms tentu tidak ingin membuat bayi mengalami iritasi bukan? Moms bisa memilih popok Merries dengan teknologi 3 lapisan udara, sehingga cairan cepat terserap dan menjaga baik popok dan kulit bayi tetap kering.

3. Atur bujet dengan baik

Pada awalnya, pengeluaran popok bayi baru lahir akan mengambil porsi bujet yang paling besar. Karena rata-rata bayi baru lahir membutuhkan popok sebanyak 10 hingga 12 popok per hari. Artinya sampai satu bulan, Moms perlu menyediakan sekitar 370-an popok. Tentunya hal ini mengharuskan Moms untuk mengatur bujet dengan lebih seksama.

Sebelum bayi lahir, Moms sudah bisa menyusun daftar pengeluaran dan keperluan yang akan dibutuhkan ketika Si Kecil lahir. Moms akan terhindar dari membeli sesuatu yang tidak diperlukan atau repot membeli secara eceran. Moms bisa manfaatkan promo popok bayi untuk mendapatkan harga yang menarik dengan kualitas barang yang prima tentunya.

Keperluan bayi baru lahir juga bukan soal popok semata. Ada banyak hal yang perlu juga diperhatikan oleh Moms untuk bisa memenuhinya. Mulai dari baju, celana, handuk, perlengkapan mandi, perlengkapan menyusui seperti botol minum susu, peralatan makannya dan masih banyak hal lainnya.

Jadi Moms harus bisa menyesuaikan anggaran keluarga dengan kebutuhan bayi newborn. Sah-sah saja menginginkan  barang yang berkualitas tinggi dan juga baik, bahkan itu merupakan impian banyak orang.

Namun Moms tetap harus menyesuaikannya dengan anggaran, jangan sampai bujet hanya bisa dialokasikan untuk membeli beberapa jenis perlengkapan saja. Sementara, sisa keperluan bayi newborn dicicil secara bertahap. Itu malah akan membuat kondisi keuangan Moms semakin boros. Pemilihan popok juga begitu, sesuaikan dengan alokasi anggaran yang dimiliki oleh Moms. Moms bisa mulai meriset keperluan persalinan dan bayi baru lahir di sini.

Pun ada sisa, dananya bisa ditabung untuk kebutuhan bayi saat dewasa kelak. Hal itu malah lebih baik, ketimbang banyak menghamburkan dana hanya pada saat kelahiran. 

4. Ukuran yang Pas

Banyak di antara Moms yang berpikiran untuk membelikan popok yang memiliki ukuran di atas ukuran saat itu. Alasannya kebanyakan adalah agar tidak membeli popok lagi di kemudian harinya. Persepsi tersebut bisa saja dipakai, namun hal itu belum perlu dilakukan ketika belum ada tanda bayi akan bertumbuh besar.

Metode terbaik adalah Moms mencarikan popok yang sesuai dengan ukurannya pada saat itu. Karena dengan popok yang pas, Moms juga sudah menekan potensi munculnya ruam popok pada bayi.

Selain itu, popok yang kebesaran juga memiliki risiko bocor yang lebih besar ketimbang popok yang memiliki ukuran pas. Cara yang lebih baik untuk menghemat pengeluaran adalah dengan terus memperhatikan promo popok bayi untuk bisa mendapatkan harga spesial kala menyusun dana kebutuhan untuk bayi newborn. 

Prioritaskan kualitas popok untuk bayi dengan mencari tahu popok sebelum Moms membeli. Jangan sampai Moms hanya mengejar harga yang miring, namun lupa memperhatikan hal tersebut. Karena dengan sering mengganti popok, artinya Moms juga harus mengeluarkan dana ekstra lagi untuk membeli popok baru. Salah satu popok bayi yang berkualitas adalah Merries, popok bayi dengan teknologi dari Jepang, menghadirkan popok bayi yang lembut, sirkulasi baik, dan memiliki daya serap yang baik.