Yuk Moms Pelajari Sekolah Pilihan si Kecil

Merries Insight
22 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
Yuk Moms Pelajari Sekolah Pilihan si Kecil

Moms, mungkin anda menjadi salah satu orang yang tergiur dengan sekolah yang anda lihat melalui iklan di TV, radio, brosur, ataupun informasi dari teman-teman anda yang juga sesama orang tua. Tapi penting juga bagi anda untuk tidak tergiur begitu saja. Anda perlu melihatnya langsung. Dari pengamatan langsung ini, anda dapat memperkirakan jarak tempuh dari rumah ke sekolah, kondisi jalan di saat pagi hari, lingkungan sekolah, lokasi sekolah, kualitas gedung beserta fasilitas sekolah, dan suasana sekolah. Tak ketinggalan pula sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah apakah memenuhi standard kompetisi atau tidak. Poin-poin ini sangatlah penting karena nantinya akan menjadi pertimbangan utama anda untuk memilih atau tidak memilih sekolah tersebut untuk anak anda.

Moms juga jangan hanya fokus pada tata cara belajar dan kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut, melainkan juga melihat apakah semua murid diberi kesempatan yang sama untuk berkompetisi meskipun tak berprestasi. Lihat juga apakah sekolah tersebut dapat memenuhi kebutuhan pendidikan si kecil sesuai dengan kemampuan si kecil. Masalahnya tidak semua anak dapat menerima sistem pembelajaran yang disampaikan oleh para guru di sekolah. Kemampuan tiap anak untuk ‘mencerna’ pelajaran tentunya berbeda-beda. Belum lagi sistem belajar yang masih konvensional di mana guru menjelaskan pelajaran di depan kelas sedang para siswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Cara ini bisa dikatakan terlalu konvensional dan sayangnya anak-anak kurang tertarik dengan sistem pembelajaran yang seperti ini.

Moms juga perlu mengetahui visi, misi, dan nilai-nilai yang diterapkan oleh pihak sekolah. Apakah visi, misi, dan nilai sekolah sama dengan visi, misi, dan nilai yang anda inginkan. Poin penting lainnya yaitu apakah sekolah tersebut hanya ingin menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas akademik yang baik, atau lulusan yang mandiri. Anda bisa mengkonsultasikan langsung dengan kepala sekolah dan guru. Anda juga perlu mengobrol seputar sekolah dengan beberapa siswa dan orang tua. Agar lebih afdol, boleh juga anda ajak anak anda untuk berkunjung ke beberapa sekolah incaran anda.