Yuk, Ajari Si Kecil Menghargai Diri Sendiri

Merries Insight
11 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Yuk, Ajari Si Kecil Menghargai Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri adalah pondasi penting bagi si kecil untuk bersosialisasi dengan lingkungan. Sikap menghargai diri sendiri akan mengajarkan si kecil bagaimana cara menempatkan diri dan bertindak tanpa bantuan orang lain. Karenanya sudah kewajiban Moms, sebagai ibu untuk mencari cara mengajarkan si kecil menghargai dirinya.

Bagi Moms yang sedang mencari cara mengajarkan si kecil menghargai dirinya, berikan panduan mudah yang dapat Moms jadikan pakem dalam menumbuhkan rasa kepercayaan diri si kecil.

Berikan empati

Empati adalah salah satu cara mengajarkan si kecil menghargai dirinya. Empati akan membuat si kecil sadar bahwa ia tak seharusnya membandingkan dirinya dengan orang lain dan akan lebih baik jika ia menghargai kemampuan yang dimilikinya. Misalnya, ketika si kecil mengeluhkan bahwa temannya lebih pandai membaca darinya, maka Moms harus menekankan padanya kelebihan yang ia miliki. Contohnya “mungkin temanmu lebih pandai membaca, namun kamu juga memiliki kepandaian lain seperti menggambar dan mewarnai”.

Berikan cinta tanpa syarat

Tunjukan pada si kecil bahwa Moms sangat mencintainya apapun dan bagaimanapun kondisinya. Dengan begitu, si kecil akan lebih menghargai dirinya dan tak selalu ingin menjadi orang lain untuk menunjukan yang terbaik.

Dengarkan dengan baik

Cara mengajarkan si kecil menghargai dirinya selanjutnya adalah dengan mendengarkan pendapat dan memahami emosinya. Si kecil yang dihargai tentunya akan belajar untuk menghargai dirinya sendiri. Misalkan jika si kecil sedang menceritakan sesuatu yang baru dialaminya, meski cerita yang disampaikan si kecil terkadang tidak penting, Moms harus menghargainya dan memancingnya untuk menyalurkan emosi. Katakanlah, “Benarkah itu?”, “Lalu apa yang adik lakukan?” Atau pertanyaan lainnya yang membuat si kecil berpikir bahwa ceritanya didengar dan dihargai dengan baik.

Biarkan ia mengambil resiko

Cara mengajarkan si kecil menghargai dirinya yang satu ini seringkali disalahpahami. Moms tentu akan berfikir, bagaimana bisa membiarkan si kecil mengambil risiko itu baik untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya. Tetapi nyatanya keberanian mengambil risiko itu sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepercayaan dirinya lho Moms.

Membiarkan si kecil mencoba hal baru dan membiarkannya mengalami sedikit kesulitan itu perlu agar ia merasa bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu yang berguna. Selalu menengahi atau membantu ketika ia merasa kesulitan justru akan membuatnya terus bergantung dan tak mempercayai kemampuan yang dimilikinya.

Biarkan kesalahan terjadi

Saat si kecil sudah mendapatkan keberanian untuk mengambil risiko, tentunya kemungkinan kesalahan yang diperbuat juga akan semakin besar. Jika kesalahan terjadi, yang perlu Moms lakukan bukanlah memarahi si kecil, melainkan memberi pengertian apa yang harus ia lakukan di kemudian hari agar kesalahan yang sama tidak terulang.

Kesalahan merupakan bagian dari cara mengajarkan si kecil menghargai dirinya yang paling berharga. Dengan membuat si kecil menyadari kesalahan dan mengajarkannya memperbaiki kesalahan, si kecil akan berfikir bahwa kesalahan adalah hal yang wajar dan tak perlu ditakutkan sehingga ia akan lebih mudah menerima kekurangan dirinya.

Nah Moms, cara mengajarkan si kecil menghargai dirinya sangat mudah bukan? Yang pasti Moms harus sabar dan telaten. Apalagi masalah penghargaan diri si kecil sangat berkaitan dengan karakternya kelak ketika dewasa.