Tuntunan Menggendong Si Kecil untuk Dads

Tuntunan Menggendong Si Kecil untuk Dads

Saat Si Kecil hadir diantara Moms dan Dads, maka dapat dikatakan hal tersebut adalah hal paling membahagiakan yang Dads dan Moms rasakan. Tetapi, ada kalanya, Dads merasa enggan untuk mencoba menggendong Si Kecil. Ada banyak alasan mengapa para Dads merasa demikian, mulai dari ketakutan bila Si Kecil terjatuh, terkilir dan sebagainya.

Ketakutan tersebut hanya muncul, bila Dads tidak mengerti bagaimana cara menggendong Si Kecil dengan benar. Jadi, berikut beberapa petunjuk untuk menggendong Si Kecil khusus untuk Dads, agar Dads dapat merasakan bagaimana nikmatnya menjadi seorang Dads sejati.

Usia 0 hingga 3 bulan

Untuk Si Kecil yang berusia 0 sampai 3 bulan, Dads dapat melakukannya dari posisi Si Kecil terlentang diatas tempat tidurnya. Cara yang dapat dilakukan adalah:

  • Selipkan tangan Dads pada bagian leher Si Kecil untuk menyangga kepalanya
  • Tangan lainnya letakkan pada bagian belakang tubuh Si Kecil dan secara perlahan angkat dan arahkan kepala, leher dan punggung Si Kecil di lipatan siku tangan yang pertama.
  • Pastikan posisi Si Kecil dekat dengan dada Dads, agar Si Kecil merasa nyaman.
Usia 3 hingga 6 bulan

Dads dapat mengendong Si Kecil dengan posisi duduk menghadap ke depan. Dads dapat menggunakan kain gendongan atau meletakkan Si Kecil duduk di lengan Dads dengan menghadap ke depan. Cara awalnya sama dengan pada usia 0 hingga 3 bulan, tetapi lalu perlahan ubah arah tubuh Si Kecil menghadap ke depan pada posisi duduk.

Usia lebih dari 6 bulan

Pada usia ini, tulang dan otot Si Kecil sudah terbentuk dan cukup kuat. Artinya, Dads dapat menggendongnya dalam berbagai posisi. Posisi paling nyaman yaitu dengan menggunakan alat gendong yang dikenakan di bagian depan tubuh Dads, dan menggendong Si Kecil dalam posisi duduk. Atau, bila tidak ada alat gendong ini, Dads dapat menggunakan kedua tangan untuk menopang bagian bokong dan pinggang Si Kecil.

Usia lebih dari 8 bulan

Pada usia ini, sebenarnya, Si Kecil jangan terlalu banyak digendong. Biarkan Si Kecil bereksplorasi dan bermain. Pada usia ini, Si Kecil sudah dapat berjalan, merangkak dan melakukan banyak kegiatan.

Yang perlu diingat ada tiga bagian tubuh yang perlu Dads perhatikan saat menggendong Si Kecil, yaitu leher, punggung dan kaki. Pastikan, Dads menyanggah tiga bagian tubuh Si Kecil ini dengan benar, untuk keselamatan Si Kecil itu sendiri atau agar Si Kecil tidak terjatuh.