Tugas-Tugas Rumah Ini Bisa Menjadi Latihan Tanggung Jawab, Lho!

Merries Insight
28 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Tugas-Tugas Rumah Ini Bisa Menjadi Latihan Tanggung Jawab, Lho!

Seiring bertambahnya usia si kecil, maka Moms perlu mengenalkan sebuah perilaku yang dinamakan tanggung jawab terhadap si kecil. Dalam hal ini, pastinya Moms juga sudah menyadari bahwa dengan memberikan pengenalan terhadap tanggung jawab sejak kecil maka akan memberikan pengaruh positif bagi si kecil di masa yang akan datang. Akan tetapi, dalam memberikan tanggung jawab, pastinya kesesuaian umur dengan tanggung jawab yang diberikan harusnya selaras.

Untuk melatih tanggung jawab si kecil, Moms tidak perlu jauh-jauh sebab ada berbagai pekerjaan melatih tanggung jawab yang bisa dikerjakan di rumah. Si kecil akan bisa belajar tanggung jawab jika Moms memberikan contoh pekerjaan tersebut yang mana selanjutnya pekerjaan tersebut akan diikuti olehnya. Cara seperti ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang ada pada dirinya. Beberapa pekerjaan melatih tanggung jawab anak berikut ini bisa dijadikan pedoman bagi Moms yang ingin menumbuhkan rasa tanggung jawab sejak dini.

Beberapa pekerjaan melatih tanggung jawab si kecil yang bisa Moms limpahkan pada anak usia 2-3 tahun adalah dengan meminta untuk membereskan mainan yang dimilikinya, meminta si kecil untuk selalu meletakkan piring ataupun gelas kotor pada bak cuci piring, mengajarkan untuk membuang sampah di tempat sampah, menyisihkan baju kotor dalam tumpukan baju kotor dalam keranjang serta membersihkan minumannya yang telah tumpah.

Sedangkan pekerjaan melatih tanggung jawab sebagai bentuk mengenalkan sikap tanggung jawab bagi anak usia 4-5 tahun adalah dengan selalu memintanya untuk merapikan tempat tidur setelah bangun tidur, mecoba untuk meminta si kecil memasukkan seluruh pakaian kotor dalam mesin cuci, melakukan kegiatan bersih-bersih yang ringan, meminta untuk melakukan perawatan pada bunga di taman ataupun memberikan tugas untuk memberi makan hewan peliharaannya.

Bagi anak usia 6 – 8 tahun, beberapa pekerjaan melatih tanggung jawab yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarinya untuk menata meja serta kursi yang ada di ruang tamu, meminta untuk mencuci piring selepas makan, menyimpan pakaian bersih ke dalam lemari pribadinya serta memintanya untuk membersihkan sampah di sekitar rumah. Jika Moms memiliki anak yang berusia 9 – 11 tahun, maka Moms bisa memilih pekerjaan melatih tanggung jawab berikut ini sebagai bentuk pengenalan apa itu sikap tanggung jawab.

Beberapa hal yang bisa dilakukan anak seusia tersebut adalah dengan meminta untuk bantu mempersiapkan makanan, membersihkan kamar mandi, kandang hewan, serta mengganti sarung bantal ataupun sprei yang sudah kotor. Sedangkan bagi anak yang usianya lebih tua, 12 – 14 tahun maka Moms bisa menyuruhnya untuk melakukan kegiatan yang bersifat mandiri dengan memintanya untuk membersihkan kamar mandi, mencuci pakaian sendiri, membersihkan lantai serta membantu untuk mengawasi adik-adiknya.

Penanaman sifat tanggung jawab sejak dini akan memberikan suatu dampak yang besar ketika si kecil telah menginjak usia remaja ataupun dewasa. Beberapa pekerjaan melatih tanggung jawab bisa Moms terapkan dalam mengenalkan sikap ini kepada si kecil. Tentunya, pertimbangan akan usia serta kemampuan si kecil harus tetap diperhatikan. Beberapa pekerjaan melatih tanggung jawab seperti di atas bisa Moms gunakan untuk melatih sikap tanggung jawab si kecil di rumah.