Trik Cegah Si Kecil Kecanduan Junk Food

Merries Insight
06 Agustus 2016
Tumbuh Kembang
Share
Trik Cegah Si Kecil Kecanduan Junk Food

Semakin bertambahnya usia si kecil, maka kebutuhan gizinya pun akan meningkat. Sayang, demi memanjakan anaknya, banyak orang tua yang memilih untuk memberikan makanan enak, tidak peduli apakah itu makanan sehat ataupun bukan. Yang penting enak dan anak suka, pasti akan dibelikan!

Sebaiknya jangan begitu ya Moms, memberi makanan jangan hanya diukur dari kuantitasnya saja, tapi pertimbangkan kualitasnya. Pasalnya, ketika si kecil sudah doyan junk food, saat itulah potensi bahaya untuk masa depannya siap memangsa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika, sejak usia 1 sampai 2 tahun, banyak orang tua yang sudah memberikan junk food kepada anaknya. Bahkan di usianya yang baru menginjak 1 tahun, sudah banyak anak yang mengonsumsi cookie, camilan kemasan, dan makanan siap saji lainnya.

Alhasil, generasi junk food pun mulai terbentuk. Bahkan saat ini, banyak anak yang tidak mau makan kalau tidak di restoran cepat saji. Selain faktor gengsi orang tua, kebanyakan anak-anak tergoda dengan rasa junk food yang gurih, lezat dan beda dengan masakan rumahan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi si kecil yang kecanduan junk food?

Hal pertama yang harus Moms lakukan adalah, jangan membiasakan si kecil mengunjungi restoran makanan cepat saji. Walaupun kita terjebak dan tidak punya banyak pilihan, sebisa mungkin belilah makanan di restoran biasa, atau lebih baik makanan di warung makan yang menyajikan menu sehat.

Kalau sudah terlanjur, sebaiknya lakukan teknik mundur teratur. Caranya, batasi akses si kecil untuk bisa melihat restoran cepat saji. Kalaupun sulit dilakukan, batasi konsumsinya. Si kecil boleh menikmati junk food, tapi khusus untuk moment tertentu saja.

Sebagai penyempurna, usahakan untuk membuat makanan sendiri di rumah dengan cara melibatkan si kecil dalam proses pembuatan makanan tersebut atau menu makanannya sesuai dengan keinginannya. Hal ini dilakukan agar si kecil tertarik mengonsumsi makanan hasil karyanya sendiri.

Buat kemasan menarik untuk setiap makanan yang disajikan, dari mulai cara penyajiannya, hingga dekorasi makanan yang akan disajikan. Misalnya buat telor mata sapi seperti matahari, membentuk makanan jadi karakter kesukaannya, dan lainnya.

Intinya Mom, apapun caranya, buat si kecil menjauh dari junk food. Pasalnya, konsumsi junk food lebih banyak bahayanya, ketimbang manfaatnya!