Tomato Milkshake, Milkshake Lezat dan Sehat

Merries Insight
24 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Tomato Milkshake, Milkshake Lezat  dan Sehat

Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang paling sering digunakan dalam berbagai santapan, mulai dari sup hingga jus. Akan lebih optimal kalau Moms mengonsumsi tomat secara langsung, tentu setelah tomat dibersihkan terlebih dahulu dengan air dan direndam dalam cuka apel. Cuka apel dipercaya dapat melepaskan bahan-bahan kimia yang menempel di permukaan kulit tomat. Jika sampai ikut tertelan dan masuk ke dalam tubuh, kandungan tersebut bisa membahayakan tubuh Moms dan keluarga.

Mengonsumsi tomat yang sudah diolah pun sama baiknya, tapi ada beberapa kekurangan dari versi matang. Salah satu di antaranya adalah berkurangnya kadar enzim dalam tomat, terutama kalau Moms memasak sayuran tersebut dalam waktu yang cukup lama. Di sisi lain, tomat mempunyai kandungan-kandungan baik, antara lain:

  • Likopen. Salah satu zat yang paling banyak ditemukan dalam tomat ini dapat melindungi Moms dan keluarga dari risiko penyakit serius seperti kanker. Jika Moms membiasakan si Kecil makan tomat sejak dini, maka sel-sel yang mencetus kanker pun tidak akan tumbuh di dalam tubuhnya;
  • Vitamin A. Warna merah yang membungkus kulit tomat dihasilkan dari kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang Moms ketahui, vitamin A yang juga dimiliki wortel ini pun sangat bermanfaat dalam melindungi dan meningkatkan indera penglihatan si Kecil. Sehingga matanya akan tampak lebih tajam dan cerah;
  • Vitamin C. Tomat juga kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk kesehatan si Kecil. Ada banyak manfaat yang dapat Moms dan keluarga dapatkan dari vitamin tersebut, salah satu di antaranya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, bagi Moms yang ingin si Kecil terhindar dari beragam macam penyakit, tak ada salahnya untuk memberikan tomat.

Moms, masih ada banyak zat dan senyawa dari tomat yang mampu menyehatkan tubuh si Kecil maupun anggota keluarga lainnya. Nah, setelah mengetahui benefit tersebut, Moms bisa menentukan cara untuk mengolah tomat tanpa mengurangi manfaatnya. Moms mungkin akan kesulitan karena si Kecil pasti tidak mau makan tomat mentah. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena ada banyak resep sehat mengolah tomat yang dapat diterima si Kecil, salah satunya adalah tomato milkshake.

Di bawah ini ada resep tomato milkshake yang bisa Moms praktikan di rumah.

Bahan-bahan Membuat Tomato Milkshake

  • Tomat segar segar, 5 buah (sudah dikupas kulitnya);
  • Susu murni, 250 mililiter;
  • Es krim vanili, 150 mililiter;
  • Es batu, 100 gram (sudah dihancurkan)

Cara Membuat Tomato Milkshake

  • Campurkan tomat, susu murni, serta es batu ke dalam blender dan hancurkan sampai halus;
  • Masukkan es krim dan proses sampai semuanya merata;
  • Tuang milkshake ke dalam gelas, lalu sajikan.