Tips untuk Moms Menyesuaikan Jadwal Tidur

Tips untuk Moms Menyesuaikan Jadwal Tidur

Orangtua baru memerlukan ketelatenan dan kesabaran dalam merawat si kecil yang baru lahir, termasuk menyesuaikan jam tidurnya. Siklus jam tidur si kecil dengan usia 0 hingga 4 bulan masih belum teratur. Beberapa bayi ada yang dapat tidur nyentak sepanjang malam. Namun ada pula beberapa bayi yang terbangun dan tidak bisa tidur di malam hari.

Sebagai seorang ibu, Moms tentu perlu menyesuaikan jadwal tidur agar si kecil dan Moms dapat tidur cukup. Untuk itu Moms perlu membuat si kecil tidur pulas saat malam hari. Caranya Moms dapat membangun dan mengikuti kebiasaan. Bila Moms kesulitan membuat si kecil tidur agar Moms dapat istirahat di malam hari, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.

Membangun Rutinias Pemberian ASI

Sebelum membuat si kecil tertidur pulas di malam hari, berikan ASI atau susu lebih dulu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi supaya si kecil tidak bangun di malam hari hanya karena lapar. Dengan menyusui sebelum tidur, ini juga dapat bermanfaat untuk si kecil agar tidak mudah terganggu oleh suara – suara di sekelilingnya.

Memeriksa Popok

Beberapa bayi menangis dan terbangun tengah malam bukan karena lapar atau haus, tetapi karena ia merasa tidak nyaman dengan popoknya. Jika Moms menggunakan popok kain dibandingkan popok sekali pakai, Moms harus sering memeriksa dan menggantinya. Gunakan popok berdaya serap tinggi sehingga si kecil tetap nyaman sepanjang malam.

Memandikan Si Kecil dengan Air Hangat

Memandikan si kecil dengan air hangat sebelum ia tidur juga akan membuatnya tidur lelap. Pada saat mandi, pijat si kecil dengan lembut dan hati-hati supaya tubuhnya lebih rileks.

Mengatur Suasana Tidur

Sejak masih di dalam rahim, si kecil sudah mengetahui irama sirkadian yaitu jam biologis tubuh manusia. Setelah ia lahir, si kecil juga akan mengikuti irama tersebut. Biasakan si kecil tidur dengan suasana yang tenang agar ia tahu bahwa suasana seperti itu menandakan sebagai waktu tidur.

Mengatur Pola Tidur Si Kecil

Untuk si kecil yang usianya masih di bawah 4 bulan, pola tidurnya memang belum dapat diatur. Tetapi setelah ia memasuki usia 4 bulan, otak si kecil sudah mampu mengenali kapan siang dan malam. Cobalah menerapkan jam tidur siang hari dan malam hari untuknya. Tidur siang akan membantu bayi mencukupi jam tidur malamnya yang kurang. Bangunan si kecil bila sudah waktunya makan yaitu setiap 2 jam sekali. Namun lebih baik bila waktu tidur siangnya singkat dibandingkan tidur malamnya.