Tips untuk Menjadi Ayah Siaga

Merries Insight
19 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Tips untuk Menjadi Ayah Siaga

Moms tentu sudah tidak asing dengan sebutan Dads siaga seperti ini. Dan, tentunya, Moms mengharapkan hal ini ada dan dapat dilakukan oleh Dads, yang Moms cintai. Lalu bagaimana agar hal tersebut bisa terwujud? Sebenarnya, itu semua bergantung pada diri Dads sendiri. Apakah Dads bisa mengubah diri menjadi seorang yang siaga penuh untuk Moms yang sedang hamil, atau tidak? Dan, alangkah baiknya, bila Moms juga ikut mendiskusikan hal ini dengan Dads, agar saat hamil nanti, tidak lagi ada masalah.

Hal pertama yang mungkin Moms harus bicarakan dengan Dads adalah kehamilan itu sendiri. Sebenarnya, hal ini akan lebih baik dilakukan atas inisiatif Dads. Tapi, tidak apalah, bila Moms mencoba memulai pembicaraan ini. Bicarakan banyak hal yang berkaitan dengan kehamilan, seperti apa ada kekhawatiran, saling berbagi pikiran soal kondisi badan Moms, kondisi finansial agar siap untuk kelahiran nanti dan lain sebagainya. Dengan saling berbicara dan terbuka seperti ini, Dads akan lebih siap dan menjadi Dads siaga.

Belajar bersama tentang kehamilan juga wajib dilakukan Dads. Moms mungkin tidak asing lagi, bila ini

bukan kehamilan pertama. Tapi, bila ini adalah kehamilan Moms yang pertama, belajar bersama soal berbagai hal tentang kehamilan bersama Dads seperti ini akan lebih baik. Ilmu yang didapat akan lebih mudah dimengerti dan diterapkan, serta hal ini dapat mempererat hubungan Moms dan Dads.

Gaya hidup juga harus senantiasa diubah menjadi lebih baik. Dads dengan gaya hidup yang lebih baik akan lebih siap untuk menolong Moms yang sedang hamil bila membutuhkan sesuatu. Mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal penting seperti saat menjelang kehamilan atau bila terjadi masalah kesehatan. Dan, ada juga penelitian yang menyebutkan bila gaya hidup Dads dapat mempengaruhi kesehatan Si Kecil. Jadi, Moms dan Dads benar-benar perlu membicarakan hal ini, serta mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

Dads yang menghadapi kehamilan pertama dari Moms mungkin akan panik, khawatir bahkan berpikiran negatif. Banyak hal yang dibayangkan dan kemungkinan buruk yang muncul dipikiran yang menyebabkan Dads tidak dapat bertindak rasional dan siap siaga. Disini, dukungan dari Moms diperlukan. Dukungan dari Moms akan dapat menenangkan Dads dan membantu untuk menghadapi kehamilan ini dengan baik. Jadi, dengan beberapa tips diatas, Moms dan Dads sudah siap untuk menghadapi kehamilan ini. Dads siaga, datang membantu Moms!