Tips Mendidik Anak Autis

Merries Insight
12 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
Tips Mendidik Anak Autis

Tidak semua anak lahir dengan normal. Beberapa anak lahir dengan kebutuhan khusus, termasuk anak autis. Autis itu sendiri merupakan gangguan pada perkembangan otak yang mengganggu kemampuan anak untuk berkomunikasi secara efektif dengan dunia luar. Anak autis mulai menunjukkan tanda – tanda yang berbeda dari anak biasa sejak ia masih balita. Deteksi sedini mungkin sangatlah penting karena penanganan sejak ini memperbesar peluang anak autis untuk sembuh dan kembali normal. Karena anak autis merupakan anak spesial atau anak berkebutuhan khusus, maka Moms juga memerlukan cara sendiri untuk mendidik sang anak. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Moms lakukan untuk mendidik anak autis.

  1. Rutinitas

Kembangkan rutinitas yang konsisten. Anak autis akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang semuanya dapat ia prediksi. Anak cenderung mengalami kesulitan dengan perubahan tidak terstruktur atau tidak ia inginkan. Buatlah jadwal yang harus ia jalani setiap hari. Lakukan aktivitas yang sama setiap hari.

  1. Mencari Penyebab

Carilah penyebab di balik gejala yang ia tunjukkan, misalnya saat ia mengamuk. Ketika mengetahui penyebabnya, Moms dapat menyesuaikan diri. Banyak anak – anak mengungkapkan rasa frustasinya dengan cara mengamuk.

  1. Persiapkan Perubahan

Sebuah aktiviats dapat menjadi pengingat untuk kegiatan selanjutnya. Misalnya ia makan setelah mandi, tetapi Moms ingin mengajaknya makan di luar. Jika Moms ingin mengajaknya makan di restoran cepat saji, bantulah anak dengan gambar. Moms dapat menunjukkan gambar ayam goreng dan berkata, “Kita akan makan di...”.

  1. Jangan Memaksa Bicara

Ungkapan verbal tidak ada artinya bagi sebagian besar penderita autisme. Pastikan Moms paham apa yang ia katakan melalui ekspresinya. Anak yang tidak bisa bicara juga dapat mengkomunikasikan kebutuhannya dengan gerak tubuh, menunjuk benda, dan menggunakan bahasa isyarat, atau menunjuk gambar. Cara ini adalah tahap perkembangan normal dan hindari memaksa anak belajar bicara karena bagi anak autis bicara bukan komunikasi penting.

Itu tadi Moms beberapa tips mendidik anak autis. Mendidik anak berkebutuhan khusus kadang memang terasa berat dan memerlukan kesabaran. Carilah dukungan untuk Moms sendiri. Moms bisa mencari dukungan dari orang – orang yang memiliki anak autis dan memiliki pengalaman sama.