Tips Memijat Si Kecil untuk Atasi Konstipasi

Merries Insight
20 Agustus 2016
Umum
Share
Tips Memijat Si Kecil untuk Atasi Konstipasi

Saat dilahirkan, sistem pencernaan si kecil masih belum sempurna. Hal inilah yang membuatnya sangat rentan terserang beberapa masalah pencernaan, termasuk konstipasi atau yang kita kenal dengan sembelit. Biasanya, kondisi ini akan membuat si kecil rewel, dan kadang membuatnya menangis ketika BAB?

Lantas, apa yang harus kita lakukan?

Tenang Moms, jangan terlalu khawatir! Pada dasarnya, masalah sembelit bukan hal yang harus disikapi secara berlebih. Dalam kondisi ini, si kecil sama sekali tidak butuh obat, yang perlu Moms lakukan adalah, memberikan pijatan lembut yang bisa Moms lakukan sendiri.

Berikut merupakan panduan pijatan lembut bagi si kecil untuk mengatasi masalah sembelit.

  • Pertama, usapkan minyak telon atau baby oil ke tangan, kemudian usapkan dengan lembut di bagian pusar si kecil dengan arah memutar berbentuk lingkaran kecil searah jarum jam. Dengan cara ini, makanan yang terdapat di usus halus si kecil akan terdorong dan bergerak ke arah saluran pembuangan.
  • Pegang pergelangan kaki si kecil, kemudian tekuk salah satu kaki si kecil sambil ditekan lembut di bagian lututnya menuju perut. Setelah itu, tahan posisi ini selama beberapa detik, dan tarik kembali secara perlahan hingga lurus kembali. Ulangi untuk kaki yang satunya.
  • Pegang kedua pergelangan kaki si kecil, kemudian tekuk keduanya secara bersamaan dan tekan hingga lututnya menyentuh perut. Tahan selama beberapa detik, kemudian tarik kembali secara perlahan hingga lurus kembali. Lakukan gerakan ini 2-3 kali.
  • Berikan gerakan pijat I Love U. Caranya, pijat perut sebelah kiri si kecil dengan gerakan menyerupai huruf I. Garis ini ditarik dari atas ke bawah. Setelah itu, berikan gerakan pijat huruf L terbalik dari mulai sebelah kanan menuju ke sebelah kiri bawah perut bayi.
  • Terakhir, Moms bisa mencoba gerakan pijat menyerupai huruf U, yang dimulai dari kanan menuju ke bagian kiri perut si kecil.

Untuk menjaga si kecil agar tak terserang sembelit, sebaiknya Moms memberikan ASI dalam jumlah yang cukup. Pasalnya, banyak penelitian yang menyebutkan jika ASI merupakan cara efektif membangun sistem pencernaan yang sempurna.

Kalau si kecil sudah berusia lebih dari 6 bulan, tidak ada salahnya Moms memberikan air putih dalam jumlah yang cukup, kurangi konsumsi susu formula, apalagi susu full cream atau produk susu lainnya yang tidak direkomendasikan untuk bayi. Selamat mencoba!