Tips Cerdas Mencari Hiburan yang Ramah dan Mendidik untuk Anak

Tips Cerdas Mencari Hiburan yang Ramah dan Mendidik untuk Anak

Hiburan atau kegiatan penghilang stress tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa. Si Kecil juga membutuhkannya. Namun, hiburan yang Si Kecil nikmati, seharusnya tidak hanya membuat Si Kecil senang saja. Akan tetapi, hiburan tersebut haruslah tepat dan sesuai dengan usia Si Kecil, serta yang terpenting, hiburan tersebut haruslah mendidik dan bermanfaat. Lalu, bagaimana cara mencari hiburan seperti itu?

Usia

Hal utama yang perlu Moms lakukan adalah memilih hiburan yang sesuai dengan usia Si Kecil. Bila hiburan tersebut adalah film, pasti Moms dapat melihat rating usia yang ada pada film tersebut. Tetapi, meskipun ada rating usia yang sesuai dengan Si Kecil, Moms tidak langsung memberikannya pada Si Kecil. Moms harus melihat dulu film tersebut secara keseluruhan dan melihat apakah ada hal-hal yang tidak sesuai dengan norma, budaya maupun aturan agama. Ada kalanya, film-film dari luar negeri yang tidak sesuai dengan Si Kecil meskipun diperuntukkan untuk usia yang sama dengan Si Kecil.

Bakat

Hal lainnya yang juga perlu Moms perhatikan adalah bakat dari Si Kecil. Hiburan juga harus sesuai dengan bakat Si Kecil. Jadi, Si Kecil tidak hanya terhibur, tetapi Si Kecil juga terlatih untuk mengasah bakat yang dipunyai. Misalnya, bila Si Kecil berbakat dalam hal olahraga, maka hiburan yang tepat adalah olahraga yang disukai atau Moms dan Dads ajak Si Kecil menonton pertandingan olahraga tersebut. Atau, bila Si Kecil berbakat dalam melukis, gunakan cara sederhana, seperti melukis bersama di rumah sebagai hiburan.

Alam

Pilih juga hiburan yang berhubungan dengan alam. Misalnya, Moms dan Dads dapat mengajak Si Kecil untuk pergi berkemah atau kalau tidak ada waktu, dapat melakukannya di halaman belakang. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan untuk Si Kecil. Namun, dengan membuat Si Kecil mengenal dan berhubungan dengan alam sedini mungkin, maka akan terbentuk rasa empati dan sayang terhadap lingkungan, makhluk hidup serta manusia. Hal ini sangat penting untuk perkembangan emosi Si Kecil. Si Kecil akan menjadi lebih tenang dan penuh kasih sayang.

Dampingi

Hal terpenting dalam memberikan hiburan untuk Si Kecil adalah selalu dampingi Si kecil saat menikmati hiburan tersebut. Ajak diskusi dan jelaskan hal-hal yang ada pada hiburan tersebut. Hal ini tidak hanya menjadi cara untuk mengontrol apabila ada hal yang tidak sesuai, tetapi juga dapat mempererat hubungan Moms dengan Si Kecil.