Tips Aman Si Kecil Makan Es Krim

Merries Insight
26 September 2016
Umum
Share
Tips Aman Si Kecil Makan Es Krim

Tidak sedikit orangtua yang melarang buah hatinya menikmati es krim karena beranggapan bahwa makanan ini menyebabkan si kecil batuk dan pilek. Namun mulai sekarang sebaiknya Moms mulai membuang jauh anggapan tersebut. Sebenarnya es krim saat ini justru menjadi salah satu camilan yang disarankan untuk diberikan bagi anak balita.

Pada tahun 2003 silam, terdapat jenis es krim yang disebut dengan es krim Modisco atau Modified Dread Skimmed Milk & Coconut yang dikembangkan sekelompok peneliti asal Makassar, Sulawesi Selatan. Tujuan awal pembuatan es krim tersebut adalah menjadikannya sebagai camilan untuk anak – anak balita yang mengalami kekurangan gizi. Berdasarkan penjelasan para penciptanya, Modisco mampu membantu memenuhi kebutuhan energi balita sekitar 12,5% - 17,6%. Es krim tersebut juga dapat memenuhi kebutuhan protein antara 27,4% - 30%.

Selain kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak, es krim juga mengandung beberapa macam vitamin di antaranya adalah vitamin A, Vitamin B1, B2, B12, dan juga Niasin. Di dalam es krim juga terdapat mineral kalsium yang diperlukan oleh balita untuk membantu perkembangan dan pembentukan tulang dan gigi. Kandungan tersebut juga dapat membantu memelihara dan mengatur kerja saraf dan otot.

Es krim umumnya dibuat dengan bahan baku utama krim. Oleh karena itu, produk ini dikenal dengan nama es krim. Namun saat ini ada es krim yang terbuat dari bahan baku lain seperti susu kental, mentega, susu kental manis, susu bubuk, evaporated oil, dan susu krim manis. Es krim selain bergizi juga terbukti aman untuk dikonsumsi oleh balita.

Riset yang dilakukan oleh B.W. Lee dan Riset G.J. menemukan penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada anak – anak seperti pilek, hidung tersumbat, dan radang tenggorokan baru akan terjadi jika daya tahan saluran pernapasan anak terhadap udara dingin menurun. Jadi hidung tersumbat atau pilek karena mengkonsumsi es krim hanya akan muncul jika si kecil makan es krim saat kondisi tubuhnya tidak sehat atau dalam jumlah yang berlebihan.

Lantas, benarkah mengkonsumsi es krim dapat membuat si kecil kegemukan? Sejauh berat badan anak tergolong normal asupan lemak 20-30 gram per hari dari es krim tidak akan membuat si kecil mengalami kegemukan. Namun jika berat badan balita kebetulan telah termasuk berlebihan, konsumsi es krim sebaiknya dibatasi yakni 1 porsi dalam seminggu. Jadi Moms kini tidak perlu ragu untuk sesekali memanjakan si kecil dengan memberikan es krim.