Tindik Telinga Pada Si Kecil yang Masih Bayi, Amankah?

Tindik Telinga Pada Si Kecil yang Masih Bayi, Amankah?

Jawabannya adalah aman, asalkan Moms melakukannya dengan benar. Maksudnya, peluang terjadinya masalah dan resikonya masih ada, tapi dapat diperkecil dengan prosedur menindik telinga yang benar. Yang paling mudah yang dapat Moms lakukan adalah memilih orang yang akan melakukannya. Jangan melakukannya sendiri atau menindik telinga Si Kecil di tempat-tempat yang biasa digunakan orang untuk menindik telinga dan semacamnya. Untuk melakukan ini, sebaiknya Moms serahkan pada dokter.

Tapi, pertanyaannya, apakah perlu menindik telinga Si Kecil saat masih bayi? Bukankah, saat Si Kecil sudah besar, lebih aman dan bahkan Si Kecil dapat melakukannya sendiri? Sebenarnya, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh saat Moms memutuskan untuk menindik telinga Si Kecil saat masih bayi. Berdasarkan artikel dari Journal of Pediatrics, menindik telinga Si Kecil saat masih bayi dapat mencegah terbentuknya keloid yaitu kulit yang mengeras akibat terjadinya luka. Untuk menghilangkan keloid ini, seringkali dibutuhkan operasi kecil, yang tentunya dapat membuat Si Kecil tambah menderita.

Berbicara mengenai Si Kecil yang menderita, mungkin Moms juga tidak tega karena saat ditindik, akan menimbulkan rasa sakit. Memang, prosesnya berlangsung cepat bahkan dalam hitungan detik. Tapi, tetap saja, Si Kecil akan merasakan sakit itu. Untuk hal ini, Moms dapat bertanya pada dokter yang melakukan proses tindik telinga mengenai pemberian anestesi atau obat bius lokal pada bagian telinga Si Kecil. Biasanya, obat bius yang digunakan dioleskan pada area telinga tempat tindikan dilakukan.

Tanyakan pula jenis jarum yang digunakan untuk menindik telinga Si Kecil. Jarum yang bagus dan resikonya rendah untuk menyebabkan infeksi adalah jarum yang terbuat dari platinum, stainless steel, emas atau perak.

Moms juga perlu memilih anting-anting yang tepat untuk Si Kecil. Dari bentuk, pilih anting yang mempunyai bentuk kecil dan datar pada bagian depannya. Pada bagian belakang, pastikan tertutupi penuh agar tidak membahayakan Si Kecil. Pilih pula anting yang terbuat dari emas minimal 14 karat untuk mengurangi reaksi alergi.

Dan yang terpenting, agar tidak terjadi masalah, Moms juga perlu merawat telinga Si Kecil setelah ditindik. Caranya, Moms perlu mengoleskan alkohol di area tindikan dua kali sehari. Putar juga anting setidaknya 1 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan. Bila terjadi gejala alergi atau luka tidak sembuh dan semakin memburuk, Si Kecil harus langsung Moms bawa ke dokter.