Ternyata Memasukkan Tangannya ke Mulut Bermanfaat untuk Kesehatan Si Kecil

Merries Insight
18 September 2016
Umum
Share
Ternyata Memasukkan Tangannya ke Mulut Bermanfaat untuk Kesehatan Si Kecil

Ketika melihat si Kecil memasukkan tangannya ke dalam mulut, Moms pasti akan segera menarik atau melarangnya. Sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap kalau kebiasaan tersebut berbahaya dan akan berpengaruh terhadap kesehatan si Kecil. Padahal, Moms, kegiatan tadi ternyata mempunyai manfaat dalam masa tumbuh-kembang bayi.

Di bawah ini ada lima manfaat yang akan diperoleh si Kecil dari aktivitas memasukkan tangan ke dalam mulutnya.

Sedang Belajar Mengenali Anggota Tubuh

Karena kemampuan membaca dan menyimaknya masih sangat minim, si Kecil akan melakukan banyak cara alternatif untuk mengenali anggota tubuhnya sendiri. Memasuki usia lima bulan misalnya, dia akan memasukkan tangan atau kakinya ke dalam mulut. Saat itu, sebenarnya dia sedang mengidentifikasikan bagian atas atau bawah tubuhnya. Dari kebiasaan tersebut, si Kecil pun akan belajar mengatur tangan atau kaki untuk masuk ke dalam mulut, bukan ke tempat lain.

Mengenal Refleks Muntah di Depan Mulut

Ketika si Kecil memasukkan tangan ke dalam mulutnya, maka secara tak langsung dia telah menekan refleks muntah ke belakang. Jadi, Moms tidak usah terkejut saat si Kecil menunjukkan tanda-tanda mual atau mau muntah setelah dia memasukkan tangan atau kaki ke mulut. Sebab hal tersebut merupakan bagian dari pembelajaran yang sedang dia pahami. Si Kecil akan terus melakukannya sampai refleks muntah pindah ke belakang.

Kegiatan yang Membuat Si Kecil Nyaman

Moms, bagi si Kecil, mulut merupakan jendela dunianya. Lantas kebiasaan memasukkan tangan atau kaki ke dalam mulut ternyata dapat membuatnya merasa nyaman bahkan aman. Hal ini dikemukakan pula oleh dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR. Sehingga, kalau Moms memintanya menghentikan aktivitas tersebut, maka itu sama saja menghalanginya mengenal dunia versi mereka sendiri. Selain itu, rongga mulut mempunyai sistem saraf yang berperan sebagai penerima stimulus.

Langkah Awal untuk Menerima Stimulus

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, terdapat sistem saraf di dalam rongga mulut si Kecil. Kebiasaan memasukkan tangan atau kaki ke dalam mulut dianggap sebagai langkah awal bagi mulut untuk menerima rangsangan dan menjadi pondasi atau dasar perkembangan selanjutnya. Si Kecil juga akan melakukan proses penjelajahan lewat kebiasaan tersebut. Jadi Moms tidak perlu melarangnya, tetapi tetap perlu mengawasinya.

Membiasakan Mulut Pada Benda Padat

Aktivitas yang dilakukan secara terus menerus tentu akan membuat kita terbiasa. Hal ini juga berlaku bagi si Kecil yang sedang senang-senangnya memasukkan tangan ke mulut. Secara tidak langsung, kegiatan tadi membiasakan rongga mulut si Kecil terhadap benda-benda padat serta merangsang air liurnya untuk keluar. Sehingga Moms nanti tidak akan kesulitan saat memberikan makanan padat untuk si Kecil.