Temani Si Kecil Belajar Sains Sambil Bermain di Rumah Yuk Moms!

Merries Insight
11 Juni 2016
Umum
Share
Temani Si Kecil Belajar Sains Sambil Bermain di Rumah Yuk Moms!

Mengajarkan ilmu pengetahuan sejak dini untuk si kecil ternyata jauh lebih mudah jika dibarengi dengan kegiatan yang disukai oleh si kecil yaitu bermain. Mempelajari Sains sambil bermain akan membuat si kecil lebih bersemangat dan mudah mengenal Sains. Perlu dipahami oleh orangtua bahwa mengajarkan sains tidak harus selalu dengan cara yang serius misalnya membaca buku dan melakukan penelitian di laboratorium. Justru dengan kombinasi bermain dan belajar akan membuat si kecil menjadi lebih tertarik untuk menjelajah ilmu pengetahuan.

Seperti seorang ilmuwan, si kecil yang berusia 3 – 4 tahun sangat senang melakukan berbagai percobaan. Moms dapat mengajaknya bermain di rumah dengan permainan yang bertema Sains misalnya membuat mainan telepon kaleng. Walaupun terkesan kuno, namun mainan ini tetap menarik dimainkan dari generasi ke generasi.

Untuk membuat mainan ini, siapkan 2 kaleng susu kental manis bekas dan tali rami. Potong tali rami sepanjang 2 meter. Setelah itu buka bagian atas dari masing-masing kaleng dan bersihkan kaleng tersebut dengan mencucinya. Pastikan Moms telah menghaluskan bagian tepi kaleng supaya tidak melukai si kecil saat bermain.

Lubangi bagian bawah kaleng tepat di posisi tengah menggunakan paku. Masukkan tali rami melalui lubang dan buat simpul. Nah sekarang Moms dapat meminta si kecil untuk memegang satu kaleng dan menempelkan di telinganya serta rentangkan sampai posisi tali lurus dan tegang. “Halo sayang?” Bicaralah secara bergantian dengan si kecil. Walaupun sederhana ini sudah termasuk permainan sains lho Moms.

Alternatif mainan lainnya yang juga dapat menjadi media untuk belajar sains adalah playdough. Moms dapat mengajak si kecil membuat dough sendiri. Dengan membuat sendiri kualitas bahannya sudah terjamin dan harganya juga jauh lebih terjangkau. Untuk membuat dough, siapkan 1 gelas garam halus 3 gelas tepung terigu, 1 gelas air, dan pewarna makanan.

Cara membuatnya, campurkan garam dan tepung terigu di dalam baskom. Tambahkan air sedikit demi sedikit kemudian uleni sampai adonannya lembut. Bagi adonan tadi menjadi beberapa bagian. Setelah itu teteskan pewarna makanan dengan warna yang berbeda – beda di setiap adonan. Uleni lagi hingga warnanya merata. Diamkan beberapa saat di tempat yang sejuk, maka dough pun sudah siap untuk dimainkan si kecil.

Selain telepon kaleng dan playdough, sebenarnya masih ada banyak lagi pilihan mainan lainnya yang berkaitan dengan sains misalnya gelembung sabun dan listrik statis. Dengan cara ini, si kecil akan belajar sains secara tidak langsung dan dengan cara yang menyenangkan.