Tanda-Tanda Bayi akan Tumbuh Gigi

Merries Insight
23 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Tanda-Tanda Bayi akan Tumbuh Gigi

Semua bayi akan mengalami masa di mana gigi-gigi susu akan tumbuh di gusi mungilnya. Tiap anak mempunyai masa pertumbuhan gigi yang berbed-beda. Umumnya gigi susu pada bayi akan tumbuh saat bayi berusia antara 4 hingga 6 bulan. Namun ada juga yang kurang atau lebih dari perkiraan usia di atas. Moms pastinya tahu soal tanda-tanda gigi-gigi susu akan tumbuh di gusi bayi. Nah,sebagai pengingat saja, berikut terdapat beberapa tanda bayi akan tumbuh gigi susu.

  • Produksi air liur bertambah

Perlu Moms ketahui bahwa pertumbuhan gigi pada gusi bayi secara otomatis akan merangsang produksi dan pengeluaran air liur. Pengeluaran air liur pada bayi umumnya dialami saat bayi berusia 3 hingga 4 bulan.

  • Terdapat ruam pada wajah dan dagu (tidak semua bayi mengalaminya)
  • Bayi mengalami batuk (tidak semua bayi mengalaminya)

Batuk terjadi karena bayi sering tersedak oleh air liurnya sendiri. Batuk ini tidak disertai dengan gejala gangguan kesehatan lain seperti flu, demam, atau alergi. Jika batuk disertai flu, demam, dan alergi, kemungkinan besar bayi sedang mengalami gangguan kesehatan.

  • Bayi menjadi suka menggigit

Ketika gigi sedang tumbuh, terjadi tekanan pada gusi oleh gigi sehingga akan membuat bayi merasa kurang nyaman. Rasa tidak nyaman ini kemudian dilampiaskan melalui gigitan. Gigitan juga menjadi bentuk pengalihan si bayi untuk mengurangi rasa gatal pada gusinya. Masa-masa seperti ini penting bagi Moms untuk memberikan mainan khusus yang dapat digigit oleh bayi anda.

  • Timbul rasa sakit dan gatal pada gusi bayi

Rasa sakit juga dirasakan oleh bayi yang sedang mengalami masa pertumbuhan gigi. Rasa sakit pada gusi ini timbul akibat adanya radang di daerah jaringan lunak pada gusi. Gigi yang tumbuh pertama biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat. Tak heran jika di masa-masa pertumbuhan gigi, bayi menjadi lebih rewel daripada biasanya.

  • Bayi lebih rewel

Penyebab bayi rewel bisa saja salah satunya karena adanya gigi susu yang akan tumbuh. Gigi yang akan tumbuh akan menekan gusi hingga akhirnya gigi menyobek gusi dan keluar dari dalam gusi. Jadi sangat wajar jika bayi merasa sakit di bagian gusinya. Masa dimana bayi menjadi rewel akibat adanya gigi susu yang tumbuh berlangsung selama beberapa hari bahkan ada yang sampai hitungan minggu.