Supaya Saat Belajar Membaca Makin Asyik!

Merries Insight
16 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Supaya Saat Belajar Membaca Makin Asyik!

Buku adalah gudangnya ilmu, dan membaca merupakan kuncinya! Peribahasa inilah yang sering kita dengar, dan bahkan sering menempel di dinding-dinding sekolah atau perpustakaan. Tapi yang jadi masalah, bagaimana cara mengajarkan si kecil membaca.

Perlu diketahui, mengajarkan anak membaca merupakan hal yang gampang-gampang susah. Jika anda mengajarkannya dengan cara resmi, mungkin si kecil akan merasa tertekan, jenuh dan akhirnya malas untuk belajar lagi.Tapi kalau pelajaran ini melibatkan permainan, si kecil tentu akan lebih antusias, dan proses pelajaran pun akan lebih mudah.

Berikut merupakan trik mengajarkan si kecil membaca dengan cara menyenangkan.

Mulai dengan Nyanyian

Ajarkan si kecil mengenal huruf dengan bernyanyi, sambil menunjukkan huruf yang dimaksud. Misalnya saja nyanyian ABC yang dipadukan dengan menunjukkan huruf-huruf tersebut. dengan cara ini, si kecil akan lebih tertantang untuk lebih banyak belajar tentang huruf.

Awali dengan Huruf Besar dan Terpisah

Huruf dengan ukuran besar cenderung mudah di lihat dan dihafal oleh si kecil. Untuk itu, buatlah huruf-huruf terpisah dalam ukuran kecil, kemudian ajak si kecil untuk menyebutkan huruf apa saja itu. Tentu saja ini dilakukan dengan cara acak.

Puzzle Huruf

Sekarang ini sudah banyak alat permainan edukatif yang bisa lebih memudahkan anda dalam mengajarkan si kecil mengenal huruf dan angka, salah satunya adalah Puzzle Huruf. Bahkan alat permainan edukatif ini bisa anda jadikan sebagai lantai ruang bermain si kecil. Tentu saja anda harus membiarkannya menyusun Puzzle ini sendiri.

Pakaian huruf

Apapun bisa anda jadikan sebagai bahan pembelajaran bagi si kecil, termasuk pakaian. Untuk itu, carilah pakaian dengan gambar satu huruf kemudian ajak si kecil untuk mengetahui huruf-huruf tersebut. Selain itu, anda pun bisa menyuruh si kecil untuk memilih pakaiannya sendiri, tentu saja dengan menyebut huruf yang tertera dalam pakaian tersebut.

Dengan cara ini, diharapkan si kecil akan lebih cepat belajar mengenal huruf, ke depannya bisa lebih cepat bisa membaca dan lebih mencintai buku.