Sumber Kalsium Terbaik untuk Anak

Sumber Kalsium Terbaik untuk Anak

Banyak penelitian yang telah mengungkapkan peran penting unsur kalsium bagi pertumbuhan anak. Kalsium sangat diperlukan dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat, serta memastikan organ syaraf dan otot berfungsi secara normal. Asupan kalsium sangat diperlukan terutama untuk anak yang sedang dalam masa berkembang.

Anak dengan usia 1 sampai 3 tahun rata-rata akan memerlukan sebanyak 700 miligram kalsium setiap harinya, dan kebutuhan ini akan berbeda dengan mereka yang berusia 4 sampai 8 tahun yang rata-rata akan memerlukan sekitar 1000 miligram kalsium dalam setiap hari.

Angka kebutuhan harian di atas merupakan angka kebutuhan rata-rata sehingga anak tidak selalu harus mendapatkan jumlah tepat sesuai angka diatas saja, tetapi angka tersebut merupakan acuan kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh kebanyakan anak sehingga akan lebih baik jika Moms mencukupi kebutuhan rata-rata kalsium anak.

Berikut ini merupakan sumber kalsium terbaik untuk mencukupi kebutuhan harian anak Moms.

Susu

Susu merupakan makanan utama sebagai penghasil kalsium terbesar. Susu mengandung segala macam kebaikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi segelas susu di pagi hari atau di dalam semangkuk sereal akan mencukupi kebutuhan kalsium anak setiap hari. Dengan catatan, susu tersebut merupakan susu murni yang bebas gula buatan.

Bayam

Salah satu sayuran yang dikenal kaya akan kalsium dan juga zat besi adalah bayam. Bayam sangat populer dikalangan anak-anak sehingga Moms tidak akan kesulitan untuk memberikan mereka konsumsi bayam setiap hari. Moms harus memasak bayam ini dengan cara yang tepat sehingga semua manfaat bayam ini bisa diterima oleh anak Moms.

Ikan

Beberapa jenis ikan seperti ikan sarden, salmon dan ikan tuna merupakan salah satu produk hewani yang kaya akan kalsium, sumber terbaik vitamin D dan mengandung Omega 3 yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak Moms.

Kacang-kacangan

Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang ada di sekitar kita, salah satu jenis kacang yang dikenal dengan tingkat proteinnya yang tinggi adalah kacang kedelai. Moms bisa juga mendapatkan manfaat dari kacang kedelai ini dari produk susu kedelai ataupun tahu tempe.