Sulit Atasi Tingkah Laku Si Kecil yang Berusia Tiga Tahun? Pakai Cara Ini Dads!

Sulit Atasi Tingkah Laku Si Kecil yang Berusia Tiga Tahun? Pakai Cara Ini Dads!

Mengawasi tingkah si Kecil di usia tiga tahun tentu akan sangat berbeda saat dia masih berumur satu atau dua tahun. Selain Moms, Dads juga harus mengetahui metode-metode terbaik untuk mendidik si Kecil dalam usia tersebut. Semakin bertambah umur si Kecil, semakin meningkat pula perkembangan dari anak tadi. Nah, di bawah ini ada tips yang bisa Dads pakai untuk mengajari si Kecil.

Sering Mengajaknya Keluar Rumah

Di usia tiga tahun, si Kecil sudah mengenal lingkungan di sekitar rumahnya. Dads, sebagai orangtua pun harus membimbing si Kecil untuk memenuhi rasa penasarannya terhadap dunia luar. Maka dari itu, Dads perlu mengajak si Kecil keluar rumah sesering mungkin. Sehingga dia dapat berinteraksi dengan orang-orang di lingkungannya. Jika ada anak-anak seusia di Kecil di sekitar rumah, Dads jangan sungkan untuk memperkenalkan si Kecil dengan mereka. Si Kecil pun akan terbiasa bersosialisasi bersama temannya dan Dads dapat mengawasi perkembangannya.

Membiasakan Si Kecil untuk Berbagi

Setelah berhasil membuatnya berinteraksi dengan teman-teman sebaya, Dads dapat mengenalkannya dengan konsep berbagi. Hal tersebut dilakukan supaya si Kecil lebih peka dengan keadaan sekitar dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Berikan contoh kecil seperti berbagi camilan dengan mereka yang tak punya atau menjenguk temannya yang sedang sakit. Kebiasaan berbagi yang sudah ditanamkan sejak usia dini akan membantu si Kecil untuk bersimpati dan berempati terhadap keadaan orang lain. Dengan begitu, si Kecil pun akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik saat dewasa nanti.

Beri Pemahaman Terhadap Setiap Hal

Karena masih ada di bawah asuhan Dads, si Kecil juga akan meniru hal-hal yang dilakukan orangtuanya. Sayangnya, si Kecil saat itu belum mengetahui konsep baik dan buruk dari kegiatan tadi. Maka, sudah jadi kewajiban Dads untuk memberikan pemahaman untuk si Kecil terhadap setiap hal yang dia temukan dan lakukan. Misalnya, memberitahu si Kecil bahwa beribadah kelak wajib dia lakukan saat sudah akil balig. Jangan lupa untuk terus memberikan bimbingan dan arahan kalau si Kecil tertarik melakukan satu atau dua kebiasaan baik untuk masa depannya.

Mengajak Si Kecil Pergi Jalan-jalan

Selain lingkungan di sekitar rumah, ajaklah si Kecil jalan-jalan ke tempat-tempat yang sarat akan nilai edukasi. Misalnya museum, pasar tradisional, kebun binatang, toko buku, dan lain sebagainya. Di sana, Dads akan mengetahui hal-hal apa saja yang menarik minat si Kecil. Selain itu, si Kecil pun akan terbiasa dengan tempat-tempat ramai selain lingkungan rumahnya. Bukan sekadar jalan-jalan, Dads juga harus memberitahu informasi dan pengetahuan umum kepada si Kecil. Jadikan ajang jalan-jalan ini sebagai masa pembelajaran awal baginya.