Sudahkah Moms Mensteril Dot Si Kecil dengan Tepat?

Sudahkah Moms Mensteril Dot Si Kecil dengan Tepat?

Botol susu merupakan salah satu perlengkapan untuk Si Kecil yang cukup penting, karena dengan alat inilah, Si Kecil dapat menikmati susu, yang menjadi makanan utama mereka. Karena hal ini pula, Moms juga harus menjaga kebersihan botol susu dan dot Si Kecil dengan benar. Melakukan proses sterilisasi adalah salah satu caranya untuk mencegah berkembangnya bakteri yang dapat menjadi penyebab penyakit Si Kecil, mulai dari sariawan hingga diare.

Bila Moms sekalian sudah sering melakukannya, pertanyaan pentingnya saat ini adalah apakah Moms sudah melakukannya dengan benar? Bila tidak dilakukan dengan benar dan bakteri serta kotoran masih tertinggal, Si Kecil tentu akan mendapatkan masalah kesehatan.

Mungkin Moms sekalian memang sering melakukan sterilisasi untuk dot Si Kecil. Tetapi, seringkali

melupakan satu langkah penting yang harus dilakukan sebelum melakukan langkah sterilisasi, yaitu mencucinya. Sebelum disterilisasi, dot dan botol susu Si Kecil wajib di cuci bersih hingga tidak tersisa bekas susu maupun kotoran didalamnya. Moms dapat menggunakan air sabun hangat yang bersih.

Gunakan pula sikat kecil yang memang khusus digunakan untuk membersihkan dot Si Kecil dan tidak digunakan untuk hal lainnya. Setelah dibersihkan, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir. Dan, dot Si Kecil siap untuk disterilisasi.

Proses sterilisasi sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu manual atau otomatis. Untuk manual yang juga merupakan cara yang paling murah dan mudah adalah dengan merebusnya. Namun, Moms juga harus ingat, panci yang digunakan untuk merebus dot Si Kecil tidak digunakan untuk hal lainnya, seperti memasak sayur. Panci ini harus benar-benar hanya digunakan untuk sterilisasi saja. Pastikan ukuran panci cukup besar yang dapat membuat dot Si Kecil terendam sempurna. Rebus dalam air mendidih selama 5 menit lalu matikan api dan biarkan dingin. Pastikan pula dot yang direbus mempunyai bahan yang berkualitas sehingga tidak meleleh.

Cara otomatis adalah dengan mesin sterilisasi yang banyak dijual. Moms dapat langsung membelinya dari toko online atau toko sekitar tempat tinggal Moms. Banyak mesin otomatis untuk mensterilisasi dot Si Kecil yang dapat melakukan proses ini dengan cepat, yakni dibawah 10 menit. Jadi, untuk Moms yang sibuk, cara ini dapat menjadi solusi terbaik. Atau, kalau Moms benar-benar ingin cara cepat, Moms dapat menggunakan Microwave. Buka dulu tutup dot Si Kecil lalu masukkan ke dalamnya dan cara ini hanya butuh waktu sekitar 90 detik. Moms hanya harus berhati-hati saat mengeluarkannya, karena akan terasa panas sekali.