Sudahkah Anda Membedong Si kecil dengan Tepat?

Merries Insight
09 Maret 2016
Umum
Share
Sudahkah Anda Membedong Si kecil dengan Tepat?

Membedong si kecil merupakan suatu istilah yang berarti membungkus tubuh Si kecil yang baru lahir menggunakan kain. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Mulai dari tubuh Si kecil yang menjadi hangat dan nyaman, sehingga tidak terlalu kaget dengan kondisi yang berbeda dibanding di dalam rahim. Membedong juga bermanfaat agar kaki Si kecil bisa lurus.

Namun, Moms manfaat dari membedong tersebut hanya bisa didapatkan bila cara membedong dilakukan dengan benar. Sudahkan Moms membedong si kecil dengan tepat?

Cara Tepat Membedong Si Kecil yang Baru Lahir

Membedong tubuh Si kecil dengan tepat dapat membantu Moms menenangkan Si kecil yang biasanya rewel. Si kecil yang rewel cukup wajar karena belum terbiasa dengan kondisi atau suara di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, Moms perlu membedong tubuh Si kecil yang baru lahir dengan cara tepat. Meski baru menjadi kali pertama, tidak perlu takut. Moms bisa mengikuti langkah mudah berikut:

  1. Bentangkan kain bedong di tempat datar misal kasur.
  2. Lipat sudut atas kain bedong kurang lebih 15-20 cm agar permukaan atas membentuk garis horizontal.
  3. Letakkan tubuh Si kecil secara perlahan di atas kain bedong, dan posisikan bahu Si kecil sejajar dengan garis horizontal yang terbentuk tadi.
  4. Turunkan tangan kanan Si kecil agar berada di sisi samping tubuh.
  5. Tarik sudut kain bedong yang berada di sisi tangan kanan Si kecil lalu gunakan sebagai selimut tangan sampai dada. Selipkan sisa kain bedong di bawah punggung Si kecil yang berada di sisi kiri.
  6. Turunkan tangan kiri Si kecil dan posisikan berada tepat di samping tubuhnya.
  7. Tarik sudut kain bedong sisi kiri untuk menyelimuti tangan dan dada Si kecil. Selipkan ujung kain bedong di bawah punggung sebelah kanan tubuh Si kecil.
  8. Lipat ujung kain bedong bagian bawah lalu selipkan ke bawah tubuh Si kecil. Tetapi usahakan agar tetap longgar sehingga lutut si kecil masih bisa ditekuk dan pinggul Si kecil masih bisa bergerak.

Sebagai tips tambahan, berikut juga diberikan beberapa poin penting yang perlu Moms tahu:

  • Perhatikan kondisi Si kecil sebelum dibedong. Hindari membedong Si kecil dalam kondisi masih basah setelah mandi, lelah, atau keadaan lapar.
  • Jangan membedong tubuh Si kecil terlalu kencang lantasan dapat merusak sendi lututnya.
  • Bila cuaca dingin, pakaian Si kecil baju dan celana panjang sebelum dibedong. Sebaliknya, saat cuaca panas cukup pakaian kaos dan celana pendek.
  • Jaga agar kain bedong tidak sampai menutup wajah Si kecil.