Strategi Jitu Mengatasi Dan Mencegah Rengekan Anak

Merries Insight
18 Agustus 2014
Umum
Share
Strategi Jitu Mengatasi Dan Mencegah Rengekan Anak

Hampir setiap anak memiliki fase dimana mereka memiliki perilaku buruk tertentu. Moms sebaiknya memilah perilaku buruk anak antara yang masih dapat ditolerir serta perilaku buruk yang tidak dapat ditolerir. Masing-masing perilaku buruk tersebut mungkin membutuhkan penanganan tersendiri. Kebiasaan merengek-rengek menjadi salah satu perilaku buruk yang lazim ditemui pada anak-anak. Perilaku tersebut dapat menjadi hal yang sangat menjengkelkan dan bahkan memalukan bagi para orang tua.

Salah satu cara mengatasi rengekan anak adalah dengan mengajukan kesepakatan terkait dengan penyebab rengekan yang dilakukan. Salah satu penyebab rengekan adalah keinginan tertentu yang tidak dituruti, berikan penjelasan mengapa permintaan tersebut tidak dituruti. Akan ada permintaan yang tidak akan dituruti dan ada pula permintaan yang dapat dituruti dengan syarat tertentu. Berikan pengertian jika permintaan anak merupakan permintaan yang tidak akan dituruti, berikan alasan yang logis serta mudah dimengerti oleh anak.

Berikan pula pengertian jika keinginan anak dapat dipenuhi dengan syarat-syarat tertentu. Hal ini akan mengajarkan anak untuk memahami keadaan dan berkompromi dengan situasi-situasi tertentu. Membentak atau mengomel tidak akan menyelesaikan masalah dan dapat memberi pengaruh negatif bagi psikologis anak. Mengabaikan anak dapat menjadi pilihan jika anak tidak mau berkompromi dan memberi waktu bagi anak agar lebih tenang, segera berikan pengertian jika anak telah berada pada kondisi tenang.

Dalam beberapa kasus; rengekan anak di tempat umum atau ketika bepergian terjadi karena anak merasa tidak nyaman sehingga mempengaruhi mood anak. Salah satu saran sederhana namun dapat berguna adalah usahakan memakaikan anak dengan pakaian yang nyaman dan disukai anak. Kenakan popok Merries jika anak masih mengompol atau kadang mengalami kesulitan mengomunikasikan keinginan buang air. Menggunakan popok yang nyaman, lembut serta memiliki daya serap yang tinggi akan membuat anak lebih nyaman karena tidak merasa basah atau lembab meskipun baru saja buang air kecil. Popok Merries memiliki desain yang mengutamakan kenyamanan pemakai karena memiliki sistem sirkulasi udara yang mencegah anak merasa gerah dan lembab.