Sikap Konsisten; Kunci untuk Mendidik Si Kecil yang Memasuki Usia Pra Sekolah

Merries Insight
12 April 2016
Umum
Share
Sikap Konsisten; Kunci untuk Mendidik Si Kecil yang Memasuki Usia Pra Sekolah

Pendidikan Si Kecil tidak hanya datang dari sekolah saja. Moms dan Dads sebagai orang tua dan orang yang menghabiskan waktu lebih banyak dengan Si Kecil adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap pendidikan Si Kecil, khususnya saat Si Kecil memasuki usia Pra Sekolah. Pada usia ini, dapat dikatakan Si Kecil bagaikan kertas putih tanpa filter. Semua informasi yang didapat dari luar akan diterima langsung. Jadi, pastikan Moms selalu kontrol apa yang Si Kecil lihat dan dengar, termasuk bagaimana Moms dan Dads berperilaku dihadapan Si Kecil.

Selain itu, Moms juga harus mengenal karakter Si Kecil sejak usia ini. Karakter Si Kecil sangat penting dan berpengaruh pada metode pendidikan yang paling tepat yang dapat diberikan pada Si Kecil. Mengapa? Si Kecil yang mempunyai karakter pemalu, introvert tentu berbeda dengan Si Kecil yang memiliki karakter terbuka, aktif dan ekstrovert. Bila Moms salah memilih metode, maka Si Kecil akan mendapatkan efek buruk pada mental mereka. Bila Moms ragu mengenai metode mendidik yang benar, tidak ada salahnya Moms berkonsultasi dengan psikolog anak untuk mengenai hal.

Lingkungan juga perlu diperhatikan. Pastikan Si Kecil berada dalam lingkungan yang nyaman dan aman. Nyaman disini bukan hanya berarti Si Kecil dapat merasa senang dan tenang. Tetapi, juga tidak mendapatkan gangguan dari hal-hal yang mungkin dapat mengganggu tumbuh kembang kemampuan Si Kecil. Sedangkan aman, artinya lingkungan tersebut harus jauh dari hal-hal yang mungkin berdampak negatif untuk Si Kecil.

Selain itu, ada dua hal yang mungkin Moms dan Dads perlu perhatikan dalam mendidik Si Kecil saat mereka sudah masuk dalam usia Pra Sekolah. Dua hal ini adalah pendidikan fisik dan agama. Pendidikan fisik memang penting, untuk kebutuhan tumbuh kembang fungsi motorik mereka. Tetapi, akan lebih baik, bila Moms mengutamakan pendidikan agama terlebih dahulu, agar mental dan sikap mereka terbentuk menjadi lebih baik.

Yang perlu dilakukan disini adalah Moms dan Dads sebagai orang tua harus selalu konsisten dalam memberikan pendidikan kepada Si Kecil. Mungkin, hal-hal kecil seperti melihat karakter maupun mempersiapkan lingkungan untuk Si Kecil terlihat tidak terlalu penting. Tetapi, hal remeh ini akan berdampak besar bagi masa depan Si Kecil, khususnya dalam pembentukan mental yang mempengaruhi bagaimana karakter manusia dewasa Si Kecil nantinya.