Si Kecil Selalu Nangis Dimandikan? Atasi dengan Cara Ini Moms!

Merries Insight
01 September 2016
Umum
Share
Si Kecil Selalu Nangis Dimandikan? Atasi dengan Cara Ini Moms!

Harusnya, proses memandingan bayi jadi hal yang menyenangkan. Hal ini tergambar dari beberapa iklan produk perawatan bayi, dimana si kecil terlihat sangat senang ketika bermain air. Tapi sayang ya Moms, momen menyenangkan ini tidak selalu terjadi didunia nyata.

Moms, mungkin anda pernah merasakan kaget atau bahkan panik ketika si kecil tiba-tiba metonta dan menangis keras seolah enggan bersentuhan dengan air. Alhasil, beberapa ibu kadang sampai mengurungkan niatnya memandikan si kecil karena tak tega, tapi ada juga yang meneruskannya dan mengabaikan tangisan tersebut.

Yang jadi pertanyaan, apakah ini normal?

Seperti dilansir dalam babycentre, sebenarnya ada banyak alasan kenapa si kecil tiba-tiba saja menjadi rewel, bahkan terlihat punya tenaga ekstra untuk melawan anda agar tidak memandikannya. Salah satunya adalah, bisa saja si kecil sedang merasa lelah sehingga merasa tidak nyaman ketika harus bersentuhan dengan air.

Misalnya, ketika si kecil terlihat menguap, kita pikir si kecil butuh mandi untuk menyegarkan badannya, sekaligus untuk membuatnya bisa tidur lebih lelap. Tapi di sisi lain, justru si kecil merasa ini bukan saatnya mandi, yang dia inginkan hanyalah menyusu, dan tidur.

Kalau itu masalahnya, sebaiknya jangan memaksakan diri. Lebih baik ikuti permintaan si kecil dengan cara menidurkannya dulu. Setelah terbangun, baru anda bisa memandikannya.

Alasan yang kedua, bisa saja si kecil sedang merasa lapar, bukan ingin bermain ataupun mandi. Solusi masalah ini, susui dulu si kecil hingga dia merasa kenyang. Setelah itu, tunggu selama 30 menit, kemudian baru anda bisa memandikannya.

Kalau ternyata si kecil malah tertidur setelah disusui, lebih baik biarkan saja dulu. Baru setelah bangun, anda bisa memandikannya sesuai rencana semula.

Alasan lainnya, mungkin si kecil menganggap air yang digunakannya untuk mandi, terlalu panas atau mungkin terlalu dingin. Disinilah anda benar-benar butuh termometer untuk mengukur temperatur air yang pas digunakan mandi oleh si kecil.

Selain itu, si kecil pun bisa saja kesel karena takut dengan sabun, merasa tidak aman, atau tidak memiliki pegangan dan perasa melayang. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda pelajari dulu apa yang si kecil inginkan. Ingat Moms, tiap anak itu untuk dan punya cara tersendiri untuk mengekspresikan keinginannya.

Terus, bagaimana solusinya?

Seperti disebutkan diatas, dengan mengetahui penyebab si kecil sering rewel ketika dimandikan, anda pun bisa mengambil langkah bijak untuk mengatasinya. Jika anda tidak mengerti dan kesulitan menerjemahkan keinginannya, mintalah bantuan bidan atau orang yang lebih berpengalaman untuk memandikan si kecil.

Selamat mencoba Moms, semoga momen si kecil mandi, bisa menjadi momen yang penyenangkan dan penuh dengan kenangan.