Si Kecil + Makeup = Fun Time!

Merries Insight
14 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Si Kecil + Makeup = Fun Time!

Yang namanya anak perempuan, tentu saja si kecil akan banyak meniru apapun yang anda lakukan, salah satunya adalah menggunakan makeup. Bagi beberapa orang tua, makeup mungkin akan mendatangkan rasa khawatir karena bahan-bahan kimia di dalamnya, tapi bagaimana jika si kecil merengek terus meminta makeup? Apakah kita harus memberikannya?

Perlu diketahui, bagi si kecil, makeup tidak lebih dari salah satu alat permainan yang menyenangkan. Mereka menggunakan makeup bukan semata-mata ingin terlihat cantik, tapi mereka menganggap itu sebagai alat permainan yang menyenangkan, sekaligus memenuhi dahaga rasa penasaran mereka kepada benda-benda yang biasanya tersaji dalam warna-warna menarik ini.

Menggunakan makeup sebenarnya bukanlah hal yang membahayakan bagi si kecil, dengan catatan, anda memberikan makeup yang sesuai dengan usianya atau makeup yang aman untuk semua jenis kulit, serta tidak menggunakannya secara berlebihan. Selain itu, anda pun harus membersihkan sisa-sisa makeup si kecil dengan tuntas. Proses pembersihan inilah yang biasanya menimbulkan masalah kulit!

Tips Makeup Untuk Usia Dini

Usia si kecil masih sangat muda untuk merias diri menggunakan makeup. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar makeup yang digunakan si kecil tidak menjadi petaka di kemudian hari. Berikut merupakan tips menggunakan makeup aman dan menyenangkan bagi si kecil.

  • Jauhi Foundation, hal tersebut karena di usianya ini, si kecil belum membutuhkan foundation untuk menutup seluruh permukaan kulit wajahnya.
  • Agar wajahnya terlihat cerah dan mulus, Moms bisa memberikan bedak bubuk khusus bayi sebagai pengganti bedak yang bisa anda gunakan. Tapi ingat, gunakan bedak yang sesuai dengan usia dan jenis kulit yang dimiliki si kecil.
  • Jika ingin menggunakan lipstik atau maskara, mendingan anda hanya berikan untuk menghadiri acara-acara spesial saja. Ingat, jangan gunakan kedua jenis makeup ini setiap hari.
  • Kalau si kecil memaksa, anda bisa mengoleskan madu kepada bibirnya. Katakan kepadanya jika madu merupakan lipstik yang biasa anda gunakan sehari-hari, hanya saja dalam bentuk yang berbeda.
  • Tanamkan kepada si kecil keyakinan jika makeup hanya sebagai alat bantu, bukan untuk membuatnya cantik. Yakinkan kalau kecantikan alami jauh lebih berharga ketimbang kecantikan karena makeup.

Yang paling penting adalah, ajak si kecil untuk membersihkan makeupnya hingga tuntas. Katakan kepadanya, dia nggak boleh tidur sebelum semua makeupnya bersih!