Si Kecil Jarang BAB? Kenali Sebabnya!

Merries Insight
08 Februari 2016
Umum
Share
Si Kecil Jarang BAB? Kenali Sebabnya!

Sama seperti orang dewasa, bayi pun bisa mengalami sembelit. Walaupun begitu, sebelum anda memvonis si kecil mengalami sembelit, perlu diketahui juga jika pola BAB si kecil jauh berbeda dengan pola BAB anda sebagai orang dewasa. Semua itu ditentukan oleh usia si kecil, pola makanan serta kebiasaan si kecil.

Contohnya saja bayi baru lahir. Biasanya, di minggu-minggu pertama kelahiran, si kecil akan lebih sering BAB, bahkan bisa mencapai 4 kali dalam sehari. Hal tersebut disebabkan karena si kecil belum memiliki enzim pencernaan yang cukup, sehingga si kecil akan cenderung lebih banyak BAB.

Walaupun begitu, tetap Moms harus memperhatikan bagaimana pola BAB si kecil. Berikut merupakan beberapa penyebab si kecil sulit atau bahkan sangat sulit BAB, seperti dilansir dalam parenting.com.

Gangguan Fungsional

Jika semua organ dan sistem pencernaan si kecil berfungsi dengan baik, tapi si kecil masih sembelit, mungkin ini terjadi karena ada pengaruh dari luar. Contohnya saja toilet learning yang terlalu dini yang berpotensi menimbulkan trauma, dan lainnya. Kenali kelainan ini dengan melihat sikap si kecil ketika dibawa ke kamar mandi atau WC.

Riwayat Keluarga

Untuk masalah ini memang masih diperdebatkan, tapi beberapa ahli percaya jika anak yang terlahir dari orang tua yang memiliki kebiasaan buruk dalam BAB, akan cenderung memiliki anak yang sama. Kondisi ini akan semakin parah jika anda sekeluarga jarang mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Sering Menahan BAB

Ada beberapa anak yang terbiasa menahan BAB karena berbagai alasan, bisa karena rasa takut di WC, karena keasikan bermain dan lainnya. Ketahuilah, kebiasaan ini akan mengakibatkan gangguan motilitas serta peningkatan penyerapan air dari tinja di dalam usus. Hal inilah yang akan membuat feses si kecil menjadi keras dan sulit BAB.

Akibat Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan tertentu bisa mengakibatkan sembelit, terutama obat flu-batuk, dan beberapa obat lainnya yang berfungsi untuk mengatasi kelainan sistem saraf dan otot. Untuk mengatasi ini, jangan ditambah dengan obat lagi, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur agar BAB lancar.

Gangguan Organ

Jika dalam seminggu atau bahkan lebih si kecil tidak kunjung BAB, sebaiknya Moms waspada. Bisa saja si kecil mengalami gangguan organ yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Untuk mengetahui penyebab pasti kenapa si kecil tidak ujung BAB, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Moms, gejala sembelit pada anak bukanlah masalah biasa. Jika anda mendapati kejanggalan, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.