Si Kecil Alergi? Ini Cara Perawatan Sederhana yang Bisa Moms Lakukan

Si Kecil Alergi? Ini Cara Perawatan Sederhana yang Bisa Moms Lakukan

Ketika mengonsumsi makanan tertentu, tiba-tiba si kecil merasakan gatal, timbul bintik merah, sesak nafas dan berbagai reaksi alergi lainnya. Wajar kalau anda panik, tapi jangan sampai berlebihan. Pasalnya, ada hal yang lebih penting yang harus dilakukan ketimbang panik, yakni mencari solusi.

Reaksi alergi yang diderita si kecil, biasanya terkait dengan perubahan cuaca, konsumsi makanan tertentu, riwayat alergi yang dimiliki orangtuanya, dan berbagai faktor lainnya. Hal inilah yang kemudian harus anda pecahkan dan dicarikan jalan keluarnya.

Berikut merupakan langkah sederhana yang harus anda lakukan terkait dengan masalah alergi yang diderita si kecil, seperti dilansir dalam parenting.

Alergi Pada Saluran Pernapasan

Ketika si kecil mengalami bersin-bersin atau asma karena alergi saluran pernafasan, segera bawa dia ke are terbuka dengan udara yang bersih. Usahakan untuk membersihkan tubuhnya dari debu, bulu, serbuk sari atau hal lainnya yang memicu alergi.

Setelah itu, segala lakukan penanganan dengan memberikan obat khusus sesuai dengan resep dokter. Jika memang dibutuhkan, si kecil bisa menghirup inhaler untuk melegakan pernafasannya.

Diare Karena Sistem Pencernaan Hipersensitif

Sistem pencernaan yang terlalu sensitif terhadap jenis makanan tertentu, diketahui bisa menimbulkan alergi yang ditandai dengan kehadiran diare, muntah-muntah dan reaksi alergi lainnya. Untuk itu, yang pertama harus anda lakukan adalah, jauhkan si kecil dari makanan yang bersifat alergen.

Konsumsi air putih dalam jumlah cukup untuk menghindarkan si kecil dari dehidrasi, minum susu murni sebagai penetralisir racun, atau konsumsi obat khusus sesuai dengan resep dokter.

Alergi Berupa Kulit Bentol-Bentol Merah.

Kebanyakan alergi berupa ruam dan bentol merah disebabkan karena makanan-makanan tertentu, faktor cuaca dingin, gigitan serangga atau karena bedak. Beberapa makanan, seperti telur, susu, sea food dan lainnya, bisa menjadi pemicu alergi pada si kecil.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengoleskan minyak tawon, minyak kayu putih, atau obat luar lainnya. Selain itu, segera hubungi dokter jika reaksi alergi terlihat lebih parah.

Alergi Berupa Mata Merah

Ada banyak hal yang memungkinkan si kecil terkena alergi berupa mata merah, bisa jadi karena debu, angin atau karena hal lainnya, termasuk faktor cuaca. Untuk mengatasinya, anda bisa bisa memberikan obat tetes mata. Kalau terasa gatal, sebaiknya cegah si kecil mengucek matanya.

Moms, alergi sebenarnya bukan hal yang perlu dikhawatirkan, dengan catatan anda nggak panik dan cermat dalam menanganinya. Jika reaksi alergi terlihat makin parah, segera hubungi dokter.