Seringlah Ajak Bayi Anda Mengobrol

Merries Insight
03 Februari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Seringlah Ajak Bayi Anda Mengobrol

Pernahkah Moms mendengar saran dari dokter spesialis anak bahwa kita disarankan untuk perbanyak bincang-bincang dengan bayi kita? Ternyata saran tersebut ada tujuannya. Penelitian terbaru menunjukan bahwa otak pada bayi sudah memiliki kemampuan untuk menstimulasi si bayi untuk berbicara sebelum bayi mengucapkan kata pertamanya. Patricia Kuhl, seorang direktur dari Institute for Learning and Brain Sciences, University of Washington, di Seattle, mengatakan bahwa biasanya bayi akan mulai aktif mengoceh pada usia 7 bulan. Tapi sayangnya ia tidak bisa mengucapkan kata-kata dengan benar dan jelas sampai usianya satu tahun bahkan lebih. Berdasarkan hasil penelitian ini, bayi yang berusia 7 hingga 12 bulan mampu merekam perbincangan orang-orang yang ada di sekitarnya, termasuk perbincangan kedua orang tuanya. Otak bayi akan terstimulasi kemudian otak bayi akan merencanakan dan mengkordinasikan gerakan-gerakan motoriknya untuk mencoba berbicara.

Patrcia menambahkan, dirinya telah menemukan fakta bahwa ada aktivitas di daerah otak bayi ketika bayi mendengarkan perbincangan orang-orang yang ada di sekitarnya. Aktivitas ini adalah bukti bahwa otak bayi berhasil terstimulasi dengan baik hanya karena mendengar perbincangan orang-orang yang ada di sekitarnya. meskipun bayi berusia 7 bulan, otak bayi sudah terlihat mencari cara bagaimana bagian motorik bayi membuat gerakan-gerakan yang tepat dan benar untuk menghasilkan kata-kata yang tepat dan benar pula.

Penelitian tentang aktivitas otak bayi ini dipublikasikan pada tanggal 14 Juli 2014 lalu di Prosiding National Academy of Sciences. Inti dari penelitian ini adalah menyarankan Anda para moms untuk sering berbincang-bincang dengan bayi Anda agar otak bayi Anda terstimulasi dengan baik. Dengan demikian, kemungkinan bayi untuk memiliki kemampuan berbicara dengan kata-kata yang tepat dan benar setelah usianya 1 tahun sangatlah besar. Nah, sebaiknya mulailah mengajak berbincang bayi Anda saat bayi Anda sudah aktif mengoceh (sekitar usia 7 bulanan). Ajaklah bayi Anda berbincang dengan kata-kata yang baik dan mudah diucapkan. Bagaimana, ingin mencobanya? Nanti Anda akan lihat hasilnya beberapa lama kemudian. Silahkan mencoba.