Seputar Gerakan Janin

Merries Insight
09 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Seputar Gerakan Janin

Moms, ingin tahu cara mudah menghitung gerakan janin yang ada di dalam kandungan anda? simak caranya berikut ini.

Sebaiknya lakukan penghitungan gerakan secara teratur untuk memastikan bahwa kondisi janin anda baik dan sehat. Gerakan janin juga bisa dijadikan sebagai indikasi apakah janin anda termasuk janin yang normal atau tidak. Gerakan janin dikatakan normal jika janin bergerak sekitar 10 kali dalam sehari (pada masa kehamilan trimester ketiga). Moms juga dapat membuat jadwal waktu gerakan janin. Misalnya saja pagi, siang, atau malam hari, kapan janin anda melakukan gerakan secara aktif. Anda dapat mencatat atau mengingat berapa kali janin anda bergerak di pagi, siang, dan malam hari. Dengan cara ini anda dapat menentukan jumlah rata-rata gerakan janin anda.

Usahakan untuk selalu nyaman dengan posisi tidur atau duduk anda saat anda sedang bersantai. Posisi yang nyaman membuat janin juga merasa nyaman. Selain itu, posisi anda yang nyaman akan semakin memperkuat sensitifitas anda untuk merasakan gerakan janin. Contoh posisi nyaman yang bisa anda praktikan adalah posisi duduk atau berbaring sembari anda mendengarkan musik yang menenangkan. Suara musik juga dapat merangsang janin untuk bangun dari tidurnya dan bergerak.

Hal lainnya yang menakjubkan dari gerakan janin dalam kandungan adalah mengenal jenis gerakan yang dilakukan oleh janin. Tahukah Moms, gerakan bayi tidak hanya berupa putaran dan tendangan saja, melainkan juga bisa berupa cegukan. Anda dapat merasakan gerakan akibat bayi cegukan saat kondisi di sekitar anda benar-benar tenang dan sepi.

Namun bila anda tidak merasakan gerakan janin cukup lama (dalam kurun waktu 12 jam anda tidak merasakan gerakan janin), sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan. Bisa saja janin anda mengalami masalah. Dan jika gerakan janin semakin aktif dan lama seiring dengan bertambahnya usia kandungan, tandanya waktu persalinan akan segera tiba.